Perubahan Akta Anggaran Dasar CV: Syarat dan Prosedur

December 7, 2021by Rahazlen

perubahan akta anggaran dasar cv

Perubahan akta anggaran dasar CV dapat Anda lakukan jika terdapat beberapa data yang harus diubah dalam perusahaan Anda. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui hal ini lebih dalam.

 

Apa Itu CV?

CV merupakan singkatan dari Commanditaire Vennootschap yang berarti persekutukan komanditer. Ini adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang dan diatur dalam KUHD. 

Persekutuan ini tidak memiliki badan hukum dan tanggung jawab dari setiap para sekutu pengurus sampai pada harta pribadinya. Perusahaan persekutuan ini adalah bentuk usaha yang cukup sering digunakan oleh pengusaha Kecil dan Menengah (UKM).

 

Dasar Hukum

Aturan yang diberlakukan oleh pemerintah mengenai bentuk usaha ini adalah:

  1. KUHD pasal 19-35
  2. Permenkumham No. 17 tahun 2018 tentang Pendaftaran persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma dan Persekutuan Perdata.

 

Perubahan Akta Anggaran Dasar CV

perubahan akta anggaran dasar cv

Berikut merupakan beberapa hal yang membuat Anda perlu untuk melakukan perubahan akta Anggaran CV, yaitu perubahan pada:

  1. Identitas pemilik. Adanya identitas dari pemilik yang harus diubah, seperti nama lengkap, alamat dan pekerjaan pemilik, membuat perusahaan perlu untuk melakukan hal ini.
  2. Kegiatan usaha. Kegiatan usaha yang diubah seperti barang produksi atau jasa lainnya, juga akan mempengaruhi akta AD.
  3. Hak dan kewajiban pendiri. Terjadinya perubahan hak dan kewajiban dari pendiri perusahaan.
  4. Jangka waktu. Jika sebuah persekutuan komanditer memiliki jangka waktu tertentu pada awal pembuatan, Anda harus melakukan pengubahan pada akta AD jika hal tersebut diubah.

 

Syarat Pendaftaran Perubahan Akta Anggaran Dasar CV

Jika perusahaan Anda mengalami perubahan pada akta AD, maka hal tersebut harus segera dilaporkan paling lambat dalam 30 hari kerja. Syarat dokumen pendukung yang harus Anda lengkapi adalah:

  1. Surat pernyataan elektronik yang menyatakan kelengkapan dokumen perubahan akta anggaran dasar CV.
  2. Surat elektronik pernyataan format isian perubahan serta keterangan pada dokumen pendukung sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Pernyataan dari korporasi terkait kebenaran informasi pemilik manfaat persekutuan komanditer.

 

Prosedur Pendaftaran Perubahan Akta Anggaran Dasar CV

person typing on silver MacBook

Pengajuan perubahan ini dapat dilakukan dengan menggunakan SABU atau Sistem Administrasi Badan Hukum. Sistem ini diluncurkan pada Juli 2018 dan dapat digunakan untuk mendaftarkan perubahan akta AD. Adapun prosedur pendaftarannya adalah:

 

1. Mengajukan Permohonan

Anda dapat mengajukan permohonan melalui sistem SABU yang dapat diakses menggunakan laman http://sab.ahu.go.id/ pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Depkumham RI.

 

2. Ditujukan kepada Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia

Perubahan harus disampaikan kepada Menteri paling lambat dalam 30 (tiga puluh) hari yang terhitung sejak tanggal akta notaris yang membuat perubahan.

  1. Melengkapi dokumen pendukung
  2. Dokumen yang disimpan oleh notaris

Beberapa dokumen yang disimpan oleh notaris adalah akta perubahan yang dibuat oleh notaris, notula rapat perubahan atau keputusan seluruh sekutu, fotokopi NPWP yang telah dilegalisasi oleh notaris, dan bukti pembayaran pendaftaran perubahan.

3. Surat Keterangan Terdaftar (SKT) 

Menteri akan menerbitkan SKT setelah surat permohonan dinyatakan diterima. Setelah mendapatkan surat ini, maka Anda telah melakukan pengubahan akta anggaran dasar CV.

 

Biaya Perubahan

Adapun biaya yang akan Anda butuhkan jika menggunakan jasa dari Indogate adalah Rp3,5 Juta.  Anda akan mendapatkan SK pendaftaran perubahan dari Menkumham dan akta perubahan anggaran dasar. 

 

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai perubahan akta anggaran dasar CV. Anda dapat menggunakan layanan dari Indogate untuk mengurus hal ini. Kami juga menyediakan berbagai layanan lainnya seperti pendirian perusahaan dan perizinan usaha dengan harga terjangkau.