Bisnis Konsultan: Tujuan dan Contoh Usahanya

November 29, 2021by Rahazlen

Bisnis konsultan merupakan salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan dalam memulai karir. Jika Anda ahli dalam bidang tertentu dan dapat memberikan solusi terhadap sebuah masalah, maka Anda dapat menjadi seorang consultant. Tertarik untuk melakukan usaha ini? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui hal ini lebih dalam.

 

Mengenal Bisnis Konsultan

Bisnis konsultan adalah bisnis yang dapat dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai konsultan. Melakukan business consultant menjadi langkah yang tepat bagi Anda jika memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Usaha di bidang ini juga akan jauh lebih mudah karena Anda sendiri yang akan menjalankannya dan tentunya Anda mengetahui semua tentang jasa yang akan diberikan. 

Ada banyak bidang konsultasi yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, seperti konsultasi hukum, keuangan dan lainnya. Sesuaikan usaha Anda dengan keahlian yang Anda miliki agar lebih mudah.

Tujuan Bisnis Konsultan

Usaha ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan hasil dari sebuah perusahaan tertentu
  2. Membantu proses pelaksanaan perusahaan
  3. Memberi masukan dalam perusahaan
  4. Memberikan peningkatan pada kehidupan masyarakat
  5. Menemukan solusi untuk permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan

 

Manfaat Bisnis Konsultan

Dalam menjalankan sebuah usaha, Anda tentunya akan mendapatkan manfaat. Beberapa manfaat yang akan diterima jika menggunakan jasa dari seorang consultant adalah:

 

1. Menambah Relasi

Seorang consultant biasanya memiliki relasi yang banyak dan luas. Hal ini tentunya dapat membantu sebuah perusahaan untuk dapat berkembang dengan lebih cepat. Selain itu, perusahaan juga dapat mempercepat dalam goal yang mereka targetkan.

 

2. Membantu Perencanaan

Perencanaan yang akan dibantu oleh consultant meliputi cara untuk meningkatkan efisiensi dari sistem operasional sebuah perusahaan, meminimalisir resiko kegagalan, menyusun strategi marketing, dan menganalisa kompetisi pasar.

 

3. Memberi Solusi

Consultant harus dapat mendeteksi sebuah masalah yang ada di dalam perusahaan, baik yang sedang terjadi atau pun yang akan muncul di kemudian hari. Selain itu, seorang consultant harus memiliki pengetahuan dalam menjalankan bisnis dan operasional yang di dalam perusahaan. Anda juga dapat memberikan nasihat dan masukan jika memang dirasa perlu untuk dilakukan.

 

Tugas dari Bisnis Konsultan

Jika anda seorang business consultant, tugas yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Mempelajari bisnis perusahaan secara menyeluruh 
  2. Mengidentifikasi dan mengevaluasi kekurangan dan kelebihan dari perusahaan
  3. Membuat rencana untuk memaksimalkan peluang yang ada.
  4. Memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi
  5. Menjalin komunikasi yang baik dan terbuka dengan pekerja dan perusahaan

 

Contoh Bisnis Konsultan

Ingin memulai karir menjadi konsultan? Anda dapat mengikuti beberapa ide bisnis ini. Beberapa contoh dari usaha ini yang dapat Anda jadikan pilihan adalah:

 

1. Manajemen Bisnis

bisnis konsultan

Seorang  management business consultant harus dapat membantu klien atau perusahaan dalam berbagai bidang seperti memaksimalkan keuntungan, menganalisis perusahaan, melakukan penelitian dan analisis untuk keuntungan perusahaan dan mengatur jadwal perusahaan agar bekerja dengan lebih baik.

2. Bisnis Konsultan Karir

Anda dapat membimbing klien Anda untuk menemukan passion atau pekerjaan yang cocok untuk mereka. Selain itu, Anda juga harus membantu klien untuk membangun kehidupan profesional mereka. Memberikan konsultasi karir pada klien membuat Anda harus membantu dalam berbagai hal terkait karir mereka seperti membantu dalam membuat resume, surat lamaran dan lainnya.

3. Bisnis Konsultan Keuangan

bisnis konsultan

Ini merupakan usaha paling banyak dan paling sering dibutuhkan oleh klien. Jika Anda memiliki keahlian dalam mengatur atau manajemen uang, Anda dapat menekuni pekerjaan ini dengan baik. Terlebih jika Anda memiliki gelar dan pengalaman di bidang keuangan. Anda akan bekerja dengan pengetahuan akuntansi, pembukuan bisnis, dan hal terkait keuangan lainnya dalam sebuah perusahaan.

4. Startup

Jika Anda menekuni bidang usaha ini, maka Anda hanya akan menawarkan layanan konsultasi pada perusahaan startup. Pelayanan dapat mencakup pemilihan ide, pembuatan rencana, proyeksi keuangan dan lainnya. Anda juga harus paham mengenai seluk beluk dari startup tersebut untuk dapat membantu mengelola startup dengan lebih maksimal.

5. Pemasaran

bisnis konsultan

Jika Anda memiliki keahlian dalam mengatur strategi pemasaran, maka Anda dapat menjalankan bisnis ini. Dengan menekuni usaha ini, Anda perlu untuk unggul dalam mengembangkan strategi pemasaran, menjangkau klien, dan hal lainnya yang berhubungan dengan pemasaran dan marketing. Anda juga akan dituntut untuk berpikir kritis dan memiliki analisis mendalam terhadap bidang pemasaran.

6. IT

Pesatnya perkembangan teknologi menciptakan munculnya profesi ini. Permintaan spesialis IT akan meningkat dan consultant akan berperan dalam memberikan analisis dan solusi untuk perusahaan. Analisis tentu berkaitan dengan sistem perangkat lunak dan komunikasi.

7. SDM

Setiap perusahaan yang membutuhkan karyawan, memiliki peluang besar untuk membutuhkan consultant di bidang sumber daya manusia. Seorang consultant akan menentukan SDM yang cocok dengan perusahaan dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

Hal yang Dibutuhkan Konsultan

two men in suit sitting on sofa

Terdapat beberapa hal yang dibutuhkan untuk menjadi konsultan. Apa saja ini? Jika Anda berminat untuk menjadi konsultan, maka Anda dapat menyimak hal berikut ini:

 

1. Menciptakan dan Memberikan Nilai

Konsultan tentunya perlu untuk menciptakan dan memberikan nilai pada klien. Setiap konsultan harus dapat memberikan perspektif baru terhadap bidang yang dikuasainya. Oleh karena itu, profesi ini perlu bisa menciptakan dan memberikan nilai serta manfaat.

 

2. Pengetahuan Mengenai Bisnis Konsultan

Untuk dapat menyediakan layanan konsultan, maka Anda perlu untuk memiliki pengetahuan yang lebih dari klien. Selain itu, seorang consultant tentu perlu memiliki pengalaman dan merupakan seorang ahli di bidangnya. Dengan begitu, para klien dapat percaya dan menggunakan jasa Anda.

 

3. Pemasaran Bisnis Konsultan

Melakukan sebuah bisnis tentunya membutuhkan orang yang akan menggunakan produk atau layanan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan pemasaran untuk menemukan calon konsumen. Pemasaran diperlukan untuk menyasar klien ideal yang cocok dengan bisnis Anda.

 

Apa Saja Tanggung Jawab Bisnis Konsultan?

Jika Anda menjalankan bisnis di bidang ini, terdapat beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan, di antaranya adalah:

  1. Mengumpulkan informasi mengenai bisnis klien
  2. Bertemu dengan klien yang ditugaskan jika dibutuhkan
  3. Memberikan panduan untuk masalah yang terjadi
  4. Membantu klien dalam mengimplementasikan rencana dari perusahaannya
  5. Mengembangkan rencana bisnis dengan rinci
  6. Mempresentasikan temuan dan saran pada klien
  7. Menganalisis dan menafsirkan data
  8. Merumuskan rekomendasi dan solusi
  9. Mengatur dan melaksanakan proyek bisnis yang ditugaskan

 

Keterampilan yang Dibutuhkan Konsultan

black smartphone near person

Terdapat beberapa keterampilan yang dibutuhkan oleh konsultan, di antaranya adalah:

  1. Menguasai pengetahuan mengenai bsinis, pemasaran dan hal lainnya
  2. Memiliki manajemen waktu yang baik
  3. Memberikan jasa konsultasi untuk klien
  4. Memiliki kemampuan persuasi yang baik 
  5. Aktif menjalankan komunikasi dengan klien
  6. Memahami perangkat lunak manajemen bisnis
  7. Memahami strategi penjualan dan pemasaran
  8. Memiliki pengetahuan bisnis yang luas

 

Hal-hal tersebut merupakan pengetahuan yang dapat Anda ketahui. Jika ingin mendirikan perusahaan atau melakukan perizinan usaha, Anda dapat menggunakan layanan dari Indogate. Kami memberikan layanan untuk membantu usaha Anda dengan harga terjangkau dan para profesional.