Perusahaan Multinasional Adalah: Pengertian dan Contohnya

November 16, 2021by Rahazlen

Perusahaan multinasional merupakan istilah yang tidak asing lagi. Perkembangan teknologi dan era globalisasi membuat banyak bisnis usaha berkembang dengan cepat. Belum mengenal mengenai hal ini? Simak penjelasan berikut untuk mengetahuinya. 

 

Apa Itu Perusahaan Multinasional?

Perusahaan multinasional adalah perusahaan besar yang ada di berbagai negara, termasuk negara berkembang. Karena bergerak di berbagai negara, bisnis ini memiliki peran penting dalam kondisi politik secara global. Usaha ini berawal dari Amerika Serikat dan sekarang sudah menyebar ke berbagai negara lainnya. 

Biasanya, bisnis ini dibentuk dan dikembangkan dengan status PT atau perseroan terbatas

 

Ciri Perusahaan Multinasional

perusahaan multinasional

Ciri-ciri atau karakteristik dari bisnis ini yang perlu untuk Anda ketahui adalah:

1. Adanya cabang di berbagai negara

Salah satu ciri dari usaha ini adalah dengan adanya cabang kantor yang terletak di negara lain atau beberapa negara yang berbeda dengan negara tempat kantor induk berasal. Biasanya, produk yang dikeluarkan juga akan berbeda dan mengikuti kultur negara tempat kantor cabang berasal.

 

2. Teknologi canggih

Dengan menggunakan teknologi yang canggih akan membuat pemilik usaha dapat mengontrol cabang yang terletak di berbagai negara. Teknologi dapat memudahkan komunikasi sehingga perusahaan dapat dikontrol dari berbagai negara. 

 

3. Visi dan misi global

Bisnis yang terletak di berbagai negara tentunya akan memiliki manajemen dan distribusi dengan sistem yang mendunia. Sistem yang diterapkan juga dilakukan secara profesional di berbagai negara.

 

Bentuk Perusahaan Multinasional

perusahaan multinasional

Perusahaan multinasional memiliki beberapa bentuk yang perlu untuk Anda ketahui. Bentuk ini dibagi berdasarkan cara perusahaan menjalankan bisnisnya, yaitu:

 

1. Multinational Internationally Owned Enterprise (MOE)

Bisnis akan cenderung pada kepemilikan usaha dari satu induk dan melakukan penyebarluasan berbagai cabang ke berbagai negara. Kegiatan bisnis ini diawasi oleh lebih dari satu negara.

 

2. Multinational (financial) Controlled Enterprise (MCE)

Bisnis juga akan lebih fokus pada pembiayaan atau modal. Kegiatan yang dilakukan juga akan dikontrol oleh lebih dari satu negara. 

 

3. MPE (Multinational Producing Enterprise)

Multinational corporation dengan bentuk ini akan berfokus pada bidang produksi. Kegiatan bisnisnya memiliki dan mengontrol berbai fasilitas produksi. Fasilitas yang dimiliki dan dikontrol terdapat di lebih dari satu negara. Biasanya perusahaan ini memiliki subkontraktor untuk kegiatan produksi.

 

4. MTE (Multinational Trade Enterprise)

Bentuk perusahaan multinasional ini memiliki fokus di bidang perdagangan. Perusahaan memiliki aktivitas bisnis dalam menjual barang yang diproduksi di dalam negeri secara langsung pada orang atau badan usaha di negara lain.

 

Tujuan Perusahaan Multinasional

Investment Scrabble text

Terdapat beberapa tujuan utama dari perusahaan ini, di antaranya adalah:

  1. Cost Minimizer Seeker. Mendapat efisiensi biaya produksi yang lebih rendah dengan melakukan investasi di negara lain.
  2. Market Seeker. Mendapatkan pangsa pasar baru di negara yang menjadi target bisnisnya.
  3. Fund Seeker. Mendapatkan pendanaan dengan meminjam uang dari bank sehingga dapat menghasilkan return yang maksimal.
  4. Raw Material. Memperoleh bahan mentah agar dapat diproduksi di negara lain.
  5. Risk Minimizer Seeker. Menurunkan risiko produksi dan penjualan dengan mencari lokasi baru di negara lain.
  6. Profit Maximization trade off with cost minimization. Mengurangi biaya produksi agar mendapat keuntungan yang maksimal. Ini dilakukan dengan cara menghindari biaya pihak ketiga sebagai perantara.
  7. Untuk menguatkan struktur perusahaan dengan melayani pasar luar negeri
  8. Menjadi entitas yang kuat melalui pemanfaatan pengetahuan perusahaan di negara lain.

 

Kelebihan Perusahaan Multinasional

Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya Anda perlu untuk mengetahui kelebihan dari perusahaan tersebut. Terdapat beberapa kelebihan dari bisnis ini. Di antaranya adalah: 

1. Meningkatkan pendapatan masyarakat

Sebuah usaha biasanya akan membuka lapangan kerja baru dan akan berpengaruh pada perekonomian masyarakat sekitar.

2. Membantu memenuhi kebutuhan masyarakat

Suatu bisnis akan berjalan dengan baik jika dapat menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Dengan begitu produk yang dijual dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Adanya investor dalam sektor ekspor

Mendatangkan investor dalam bisnis merupakan sesuatu yang menguntungkan. Selain itu, investor asing juga akan membuat adanya pergerakan mata uang asing di perusahaan

4. Mengurangi kegiatan persyaratan valuta asing untuk aktivitas impor dalam sektor industri.

 

Kekurangan Perusahaan Multinasional

person standing near the stairs

Selain keunggulan, Anda juga perlu untuk mengetahui kekurangan dari perusahaan ini. Kekurangan yang dapat Anda lihat dari bisnis ini adalah:

1. Membunuh bisnis lokal

Kekuatan dana dan modal dari perusahaan multinasional dapat memonopoli pasar dari suatu negara. Hal ini tentunya akan berdampak pada bisnis lokal yang sedang berkembang.

2. Keamanan pekerja rendah

Biasanya bisnis multinasional tidak terlalu ketat dengan regulasi yang mengatur sehingga berdampak pada keamanan dan keselamatan kerja dari karyawan yang rendah.

3. Pekerja dengan keterampilan rendah

Pekerjaan yang ditawarkan pada pekerja lokal biasanya dengan posisi rendah. Sedangkan karyawan asing dari luar negeri mendapat jabatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pekerja lokal yang diterima biasanya dengan keterampilan rendah.

 

Contoh Perusahaan Multinasional

Beberapa contoh perusahaan multinasional yang ada di Indonesia adalah:

1. Samsung

Bisnis ini berasal dari Korea Selatan dan bergerak di berbagai bidang, di antaranya adalah telekomunikasi, peralatan rumah tangga, media digital dan lainnya.

2. Mcdonald’s

Restoran cepat saji yang terkenal ini berasal dari Passadena. Restoran yang menjual makanan cepat saji ini sudah tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia.

3. GarudaFood

Bisnis ini cukup terkenal di tanah air. Perusahaan ini merupakan produsen makanan dan minuman yang pasarnya sudah mencapa berbagai negara.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai perusahaan multinasional. Tertarik untuk membangun perusahaan? Anda dapat menggunakan layanan indogate untuk mendirikan perusahaan. Kami juga melayani perizinan usaha untuk membantu bisnis Anda.