Perusahaan Jasa Adalah: Pengertian hingga Contohnya

November 9, 2021by Rahazlen

pembubaran pt

Perusahaan jasa bukan lagi menjadi istilah yang asing di telinga masyarakat umum. Bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha, membuka usaha di bidang layanan dan pemberian jasa mungkin dapat menjadi pilihan. Simak penjelasan berikut mengenai jenis usaha ini.

 

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa merupakan sebuah jenis usaha yang tidak memiliki produk dalam bentuk fisik. Hal ini karena produk yang ditawarkan adalah pelayanan dan bukan berbentuk barang. Usaha di bidang ini memiliki untuk penting, yaitu adanya penanganan dan pelayanan yang baik pada pelanggan. Salah satu contoh usaha pelayanan yang sering digunakan adalah layanan transportasi. Selain itu, masih banyak contoh lainnya dari jenis usaha ini.

 

Karakteristik Perusahaan Jasa

perusahaan jasa

Untuk mengetahui sebuah perusahaan jasa, Anda perlu untuk mengenal karakteristiknya. Terdapat beberapa karakteristik dari jenis usaha ini, di antaranya adalah:

 

1. Tidak Ada Produk Fisik

Badan usaha yang bergerak dalam bidang ini tidak memiliki produk yang bisa dilihat. Akan tetapi, pelanggan dapat merasakan manfaatnya. Pelanggan dapat menilai dari kualitas layanan yang diberikan.

 

2. Tidak Memiliki Standar Harga Umum

Harga dari sebuah layanan tidak bisa distandarkan secara umum. Hal ini karena pelayanan harus diberikan dan disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan. Setiap pelanggan tentunya akan membutuhkan pelayanan yang berbeda. Oleh karena itu, akan sulit untuk memberi standar dari sebuah pelayanan.

 

3. Tidak Ada Kepemilikan

Tidak sama dengan membeli produk barang di mana konsumen memiliki hak milik terhadap produk tersebut, usaha pelayanan tidak memiliki kepemilikan. Pelanggan hanya memiliki akses penggunaan fasilitas dan melakukan pembayaran.

 

4. Hasil Produk Berbeda

Layanan yang diberikan akan berbeda pada setiap konsumen. Contohnya seperti kualitas layanan dan kemampuan penyedia layanan yang sangat berpengaruh terhadap persepsi konsumen.

 

Manfaat Perusahaan Jasa

perusahaan jasa

Perusahaan jasa memiliki banyak manfaat, baik bagi pelaku usaha maupun pihak lain. Manfaat perusahaan jasa di antaranya adalah:

 

1. Salah Satu Sumber Penghasilan Negara

Pelaku usaha dari perusahaan jasa merupakan salah satu sumber penghasilan negara. Hal ini karena pelaku usaha wajib memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Dengan menjadi wajib pajak, pelaku usaha wajib melakukan pembayaran pajak pada pemerintah. Pajak adalah salah satu pemasukan negara.

 

2. Membuka Lapangan Pekerjaan

Dibukanya perusahaan baru tentunya dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Perusahaan akan menyerap tenaga kerja baru sehingga akan memberikan nilai positif pada lingkungan masyarakat.

 

3. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Tentunya sebuah perusahaan akan berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Bidang usaha jasa dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga dapat menyerap banyak tenaga kerja. Peluang kerja di perusahaan jasa juga dapat memberikan iklim ekonomi yang sehat untuk melakukan penanaman modal.

 

Bidang Perusahaan Jasa

macbook pro displaying group of people

Karena kebutuhan hidup manusia yang semakin kompleks, pelayanan yang ditawarkan semakin beragam. Berikut adalah beberapa contoh usaha di bidang pelayanan yang dapat menjadi pilihan Anda dalam melakukan bisnis.

 

1. Transportasi

Layanan transportasi mungkin menjadi layanan yang paling sering digunakan dalam keseharian. Kegiatan manusia yang membutuhkan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain akan membutuhkan transportasi. Alat transportasi yang dapat digunakan terdiri dari transportasi darat, laut dan udara. Pelanggan dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

2. Pendidikan

Kegiatan belajar tidak harus di sekolah. Sebuah badan usaha dapat bergerak di bidang layanan pendidikan. Anda dapat membuka kursus atau bimbingan belajar lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan kemampuan khusus atau pelajaran yang tidak didapatkan dari pendidikan formal di sekolah.

 

3. Kesehatan

Badan usaha dapat memberikan pelayanan dalam bidang kesehatan dan medis. Contohnya seperti dokter, perawat, dan profesi yang bekerja di rumah sakit. Badan penyedia jaminan sosial juga bergerak di bidang kesehatan.

 

4. Keuangan

Pegadaian merupakan contoh layanan di bidang keuangan. Pegadaian memberikan layanan tentang pembiayaan, emas dan jasa.

 

Contoh Perusahaan Jasa

perusahaan jasa

Adapun badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan adalah:

  1. Bakrie Telecom Tbk (BTEL) di sektor telekomunikasi
  2. Majapahit Inti Corpora Tbk (AKSI) di sektor transportasi
  3. Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) di sektor Jalan Tol, bandara, dan pelabuhan
  4. Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI) di sektor konstruksi Non bangunan
  5. Agung Podomoro Land Tbk (APLN) di sektor properti dan real estat

Bagaimana Cara Mendirikan Perusahaan Jasa?

Untuk mendirikan sebuah badan usaha, Anda tentunya harus memiliki izin untuk melakukan usaha dan persiapan lainnya. Anda dapat menggunakan layanan dari Indogate dalam pendirian perusahaan.

Untuk pendirian PT dan pendirian CV, syarat dokumen yang harus Anda lengkapi cukup mudah, yaitu scan atau fotokopi dari KTP dan NPWP organ perseroan (pemegang saham, direktur, komisaris), surat keterangan domisili, slip bukti setor modal, PBB dan STTS tahun terakhir sesuai domisili perusahaan, pas foto direktur ukuran 3×4 dengan latar belakang merah, surat kontrak atau sewa kantor (bukti kepemilikan tempat usaha), foto kantor lengkap, sertifikat tanah, surat keterangan zonasi dan IMB. Setelah melengkapi dokumen, Anda hanya tinggal menunggu dan perusahaan Anda dapat beroperasi setelah legal secara hukum.

Harga yang ditawarkan dalam pendirian usaha juga terjangkau. Untuk PT, Anda hanya perlu untuk mengeluarkan biaya Rp3,5 juta – Rp11 juta. Sedangkan untuk CV, berkisar antara Rp3 juta- Rp7 juta.

Itulah hal-hal yang perlu untuk Anda ketahui sebelum mendirikan perusahaan jasa. Jika Anda mengalami kesulitan dalam hal pendirian perusahaan atau perizinan, Anda dapat menggunakan layanan dari Indogate. Kami juga dapat memberikan solusi untuk masalah lokasi kantor dengan layanan virtual office.