Bisnis Masa Pandemi? Ini Ide Bisnis yang Cocok

October 18, 2021by Rahazlen

Bisnis masa pandemi mungkin menjadi pilihan yang tepat. Anda tidak perlu bergantung dengan perusahaan orang lain dan tentunya Anda memiliki kendali penuh atas usaha Anda. Berikut ide bisnis selama masa pandemi yang dapat menjadi pilihan bagi Anda.

 

Bisnis Online di Masa Pandemi

bisnis masa pandemi

Kemajuan teknologi dan percepatan alur informasi dapat Anda manfaatkan untuk peluang usaha. Anda dapat memulai bisnis online dengan mudah, bahkan dapat melakukannya tanpa modal. Usaha online yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah:

 

1. Jualan di Media Sosial

Jika Anda pengguna media sosial aktif, memiliki banyak teman maya, langkah ini merupakan hal yang tepat untuk memulai bisnis. Anda dapat berjualan secara online di media sosial. Anda tidak perlu repot membuka toko fisik, semua bisnis dapat dijalankan dari rumah. Lakukan promosi yang menarik dan kreatif di media sosial Anda untuk mendapat perhatian konsumen. Anda juga dapat meminta bantuan teman-teman Anda untuk mempromosikan produk Anda.

 

2. Berjualan di Marketplace

Sekarang ini, banyak sekali marketplace yang dapat Anda jadikan pilihan untuk berjualan secara online. Anda dapat membuat akun di marketplace dan menjual produk Anda dengan berbagai foto yang menarik. 

 

Peraturan PMSE

Untuk berjualan secara online, Anda perlu untuk mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia. Hal ini sudah diatur dalam  Peraturan Pemerintah nomor 80 tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. 

PP PMSE berisi tentang 3 kategori peran pada transaksi perdagangan elektronik. Selain itu, juga membahas tentang penyelenggara transaksi perdagangan dan pelaku usaha yang memiliki sistem transaksi melalui elektronik wajib memiliki izin khusus. Pelaku usaha harus menyediakan kontrak digital yang berisi detail produk dan pembayaran.

 

Menjual Produk Tanpa Modal

Anda dapat memulai usaha online tanpa modal dengan menjadi dropshipper. Anda tidak perlu membeli barang atau produk yang akan dijual. Cukup dengan mempromosikan produk orang lain, Anda dapat mendapat keuntungan dari pemesanan produk melalui Anda.

 

Bisnis F&B di Masa Pandemi

black kitchen appliance on kitchen island with pendant lights

Memiliki hobi di bidang food and beverage? Mungkin sudah saatnya Anda menjadikan hobi sebagai sebuah peluang usaha. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, usaha di bidang F&B mengalami kemajuan. Usaha yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah:

 

1. Menjual Frozen Food

Tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk membuat restoran atau kafe fisik, Anda hanya membutuhkan produk dan mesin pendingin untuk menaruh makanan. Jualan frozen food sangat menjanjikan di masa pandemi karena keterbatasan orang untuk makan di tempat. Dengan frozen food, pelanggan tetap dapat menikmati makanan restoran di rumah.

 

2. Franchise Kopi

Anda dapat membeli franchise kopi dengan stan atau bangunan kecil. Kopi menjadi produk minuman yang sangat digemari oleh masyarakat terutama gen Z. Anda dapat membuat promosi pembelian hemat di media sosial untuk menarik pelanggan.

 

Jual Makanan dengan Layanan Antar

bisnis masa pandemi

Layanan Antar menjadi sangat dibutuhkan di masa pandemi. Anda dapat menjual makanan dengan layanan antar alamat. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu datang ke toko Anda.

 

Bisnis Layanan Antar di Masa Pandemi

Tidak memiliki produk untuk dijual? Anda dapat menawarkan jasa layanan antar produk. Meningkatnya permintaan terhadap layanan antar membuat usaha ini semakin menjanjikan. Anda dapat mengantar berbagai produk untuk mendapatkan penghasilan. 

Untuk bisnis ini, Anda hanya membutuhkan modal kendaraan. Anda tidak perlu mengolah produk atau melakukan promosi di sosial media. Usaha ini cukup mudah untuk dilakukan.

 

Menjual Alat Kesehatan di Masa Pandemi

bisnis masa pandemi

Alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer tentu sangat dibutuhkan di masa sekarang ini. Permintaan akan selalu ada dan usaha akan terus jalan. Anda dapat menjual produk kesehatan dengan peluang pasar yang cukup luas. Anda juga dapat memasarkan produk Anda secara online

 

Strategi Bisnis Masa Pandemi

Dalam memulai bisnis, tentunya Anda membutuhkan strategi agar tidak rugi. Berikut strategi yang dapat Anda terapkan untuk usaha Anda.

 

1. Tujuan Memulai Bisnis

Bukan hanya ikut-ikutan, Anda perlu untuk menetapkan tujuan bisnis Anda dari awal. Anda harus dapat memanfaatkan momen atau trend yang sedang populer untuk memulai usaha, selanjutnya usaha akan berjalan tergantung konsistensi Anda.

 

2. Melakukan Branding

Dengan melakukan branding terhadap produk Anda, pelanggan akan mendapatkan kesan tersendiri terhadap produk. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai produsen. Anda juga dapat memasukkan pesan produk ketika melakukan branding untuk meningkatkan kepercayaan produk oleh konsumen. 

Jika Anda melakukan branding di media sosial, Anda dapat menambahkan design yang menarik dan info tambahan produk agar lebih menarik serta informatif.

 

3. Paham Produk dan Pasar

Pastikan Anda paham dengan produk yang Anda jual. Mulai dari segi kualitas barang, harga produk yang bersaing dan lainnya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui target pasar Anda. Siapa yang akan membeli produk Anda? Anda dapat menawarkan dengan baik apa produk yang sesuai dengan yang target Anda butuhkan. Dengan paham dua hal tersebut, Anda dapat konsisten untuk berbisnis.

Itulah beberapa ide bisnis masa pandemi yang dapat Anda lakukan. Dalam mendirikan usaha atau mengurus perizinan usaha, Anda dapat menyewa layanan dari Indogate.