Bisnis UKM, Peluang Usaha Modal Kecil

September 29, 2021by Rahazlen

UKM atau usaha kecil menengah mungkin sudah menjadi istilah yang familiar di kalangan masyarakat umum. Anda dapat memilih bentuk usaha ini jika ingin memulai usaha. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis UKM.

 

Apa Itu UKM?

Bisnis UKM adalah singkatan dari usaha kecil menengah. Ini merupakan jenis bisnis yang dapat dijalankan dengan skala kecil dan menengah. Tentunya usaha ini tidak termasuk anak perusahaan atau cabang dari perusahaan lain. Berdasarkan pemasukan, yang termasuk dalam usaha ini adalah usaha kecil yang memiliki pemasukan di bawah 300 juta dengan jumlah pekerja dibawah 20 orang. Sedangkan untuk usaha menengah memiliki pemasukan di bawah 500 juta dengan jumlah karyawan di bawah 30 orang.

Berdasarkan keputusan Presiden RI nomor 99 Tahun 1998, UKM merupakan sebuah kegiatan ekonomi rakyat berskala kecil. 

 

Keuntungan Bisnis UKM

Jika Anda baru memulai bisnis, jenis usaha UKM dapat menjadi pilihan Anda. Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika melakukan bisnis UKM adalah:

  • Pergerakan Operasional yang Fleksibel

Usaha UKM biasanya dikelola dengan tim kecil sehingga keputusan pada badan usaha dapat dengan cepat dilakukan. Bisnis juga akan lebih fleksibel dan ruang gerak serta ruang berpikir yang lebih luas. 

  • Bebas Menentukan Harga

Anda dapat bebas menentukan harga karena Anda adalah pemilik dari usaha dan memegang aset serta sumber kekayaan dari usaha Anda. Oleh karena itu, Anda lebih leluasa dalam menentukan harga ke pasaran.

  • Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Dengan membuka usaha, Anda akan membutuhkan karyawan. Sumber daya masyarakat sekitar akan terserap dengan baik. Dengan usaha tersebut, Anda juga membantu perekonomian masyarakat sekitar.

  • Biaya Operasional Rendah

Karena dalam skala kecil, biasanya badan usaha UKM akan bekerja di tempat masing-masing tanpa memiliki ruang perkantoran yang tetap. Oleh karena itu, pengusaha tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar.

  • Cepat Berinovasi

Jenis usaha dengan skala kecil biasanya lebih memiliki kebebasan dalam bergerak dan menyumbangkan ide oleh karyawan. Oleh karena itu akan banyak inovasi baru untuk mengembangkan produk yang ada. 

 

Contoh UKM

brown wooden houses

Ada beberapa contoh UKM yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk awal membangun bisnis dengan modal kecil, di antaranya adalah:

  • Kerajinan tangan

Anda dapat mengembangkan usaha di bidang kerajinan tangan mengingat masyarakat Indonesia memiliki banyak budaya kerajinan tangan yang khas. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk bisnis usaha, bahkan dapat meraup pasar mancanegara.

  • Fashion

Anda yang memiliki ketertarikan dalam bidang fashion bisa memulai untuk berusaha di bidang ini. Bahkan usaha ini dapat dimulai dengan modal nol, yaitu dengan menjadi reseller

  • Kuliner

Usaha jenis ini memiliki pasar dan peluang yang besar. Anda dapat memulai usaha dengan membuka toko sendiri atau menitipkan produk pada toko lain. Anda juga dapat berjualan secara online

  • Agribisnis

Peluang agribisnis menjadi sebuah usaha bagi Anda sangat besar. Hal ini karena bidang pertanian dan peternakan menghasilkan kebutuhan pokok bagi manusia. Dengan begitu, usaha ini menjadi sangat menjanjikan karena akan selalu dibutuhkan.

  • Tour and Travel

Bisnis di bidang ini sangat menjanjikan, terutama jika wilayah Anda merupakan tempat wisata. Anda dapat menyediakan layanan akomodasi dan penginapan, souvenir dan makanan khas daerah Anda.

 

Kriteria UKM

person doing handcrafts

kriteria UKM ditentukan melalui jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan.

  1. Mikro: kepemilikan paling banyak modal Rp50 juta atau hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta.
  2. Kecil: kepemilikan modal lebih dari RP 50 juta- Rp500 juta atau hasil penjualan tahunan lebih dari Rp300 juta – Rp 2,5 miliar.
  3. Menengah: kepemilikan modal lebih dari Rp500 juta – Rp10 miliar atau hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2,5 miliar – Rp50 miliar.

 

Kelemahan UKM

Di sisi lain, UKM juga memiliki kelemahan. Kelemahan ini perlu untuk Anda ketahui agar dapat melakukan antisipasi. Kelemahan dari UKM adalah:

 

1. Anggaran Terbatas

Karena dimulai dengan modal yang kecil, tentunya ini akan berpengaruh pada biaya operasional yang terbatas. Ini akan menjadi tantangan bagi Anda untuk memaksimalkan pengembangan bisnis dengan modal yang sedikit.

 

2. Minimnya Tenaga Ahli

Minimnya tenaga ahli disebabkan oleh minimnya dana yang tersedia. Keterbatasan dana membuat bisnis berjalan dengan tenaga ahli yang minim. Hal ini akan berdampak pada hasil produksi yang tidak optimal dan usaha yang sulit berkembang.

 

3. Produksi Sedikit

Berbeda dengan usaha skala besar yang dapat melakukan produksi massal, UKM tidak dapat melakukan hal tersebut. Hal ini karena tenaga produksi yang terbatas. Oleh karena itu, usaha ini hanya dapat melakukan sedikit produksi.

 

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Bisnis UKM

IUMK merupakan tanda legalitas kepada pelaku usaha dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk naskah satu lembar. Usaha mikro dan kecil yang dimaksud adalah usaha produktif milik perorangan atau badan usaha yang sudah memenuhi kriteria yang diatur dalam undang-undang Nomor 20 tahun 2008.

Bagi Anda yang memulai usaha dan sudah memenuhi kriteria, dapat langsung mendaftarkan izin usaha. Sejak 2019, pengurusan IUMK dapat melalui Online Single Submission (OSS). Anda sebagai pelaku usaha harus memiliki alamat email yang aktif untuk mendaftar. Sebagai pilihan lain, Anda juga dapat menggunakan jasa pembuatan OSS

 

Syarat Pengajuan IUMK

Syarat administratif yang harus Anda miliki sebelum mengajukan IUMK, yaitu:

  • Mengisi formulir
  • Surat pengantar dari RT/RW tempat lokasi usaha
  • Fotokopi KTP dan KK
  • Pas foto terbaru 4×6 (2 lembar)

 

Dasar Hukum

Perizinan mengenai usaha mikro, kecil dan menengah diatur dalam:

 

Tahapan 

Bisnis UKM

Tahapan yang akan Anda lalui ketika melakukan permohonan IUMK adalah mengisi formulir dan melengkapi dokumen administratif di kantor camat. Jika sudah lengkap, Anda akan mendapatkan naskah 1 lembar IUMK.

Tahapan jika menggunakan OSS:

  • Membuat akun OSS dan mendaftar
  • Masuk ke akun OSS dan mengisi data (nomor ponsel, NPWP, pendidikan terakhir, modal atau kekayaan bersih, data mengenai usaha)
  • Mengunduh NIB dan IUMK yang dapat langsung diunduh pada laman oss

 

Itulah hal-hal yang perlu untuk Anda ketahui mengenai UKM. Tertarik memulai usaha? Anda juga dapat menggunakan jasa profesional dari Indogate untuk perizinan usaha maupun pendirian PT atau pendirian CV Anda.