Perubahan Akta Anggaran Dasar PT pada Usaha Anda

December 6, 2021by Rahazlen

Pendirian Koperasi

Perubahan akta anggaran dasar PT tentunya perlu untuk Anda ketahui jika memiliki sebuah badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas atau PT. Jika perusahaan Anda merubah hal-hal yang tertera dalam anggaran dasar, maka perlu mengurus hal ini. Simak penjelasan berikut mengenai hal ini lebih dalam.

 

Mengenal Perubahan Akta Anggaran Dasar PT

Perubahan akta anggaran dasar pt adalah perubahan yang dilakukan karena adanya perubahan data pada akta. Informasi mengenai sebuah perusahaan akan tertera di dalam anggaran dasar, di antaranya adalah:

  1. Nama perusahaan 
  2. Tempat kedudukan perusahaan 
  3. Jangka waktu berdirinya perusahaan
  4. Jumlah modal dasar 
  5. Modal yang ditempatkan dan modal disetor
  6. Maksud, tujuan, dan kegiatan usaha
  7. Jumlah anggota direksi dan komisaris
  8. Tata cara penggunaan lama dan pembagian dividen
  9. Penetapan tempat dan tata cara penyelenggaraan RUPS

Jika terdapat data yang diubah oleh pihak yang terlibat, maka Anda harus melakukan perubahan pada akta perusahaan.

 

Dasar Hukum

Regulasi yang mengatur mengenai hal ini adalah bagian Kedua Paragraf 2 Undang-undang nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

 

Perubahan Akta Anggaran Dasar PT Diterbitkan Notaris

Terdapat beberapa data perusahaan yang jika diubah harus memiliki persetujuan dari saksi notaris. Jika data yang diubah tertera dalam AD, maka harus memiliki persetujuan saksi notaris. Namun, jika data yang dirombak tidak terdapat di dalam AD, maka tidak perlu untuk memiliki persetujuan saksi notaris.

AD dapat diubah melalui RUPS. Jika ada data yang diubah dalam AD, maka perusahaan Anda memerlukan notaris untuk melakukan perubahan.

 

Perubahan Akta Anggaran Dasar PT Disetujui Menteri

Tahap selanjutnya yang harus Anda lewati jika menjalani pengubahan data AD adalah dengan meminta persetujuan menteri. Beberapa hal yang diubah dan memerlukan persetujuan menteri adalah:

 

1. Nama Perusahaan

Nama perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena merupakan bagian dari identitas perusahaan. Jika Anda dan pihak yang terlibat ingin melakukan pergantian nama perusahaan, maka perlu untuk melakukan perubahan AD.

 

2. Tempat Kedudukan Perusahaan 

perubahan akta anggaran dasar pt

Hal ini akan terjadi jika kantor dari perusahaan Anda pindah lokasi. Baik dari daerah yang berbeda, atau gedung yang berbeda di dalam satu wilayah administratif yang sama.

 

3. Maksud dan Tujuan

Jika Anda ingin merubah jenis usaha, menambah atau mengurangi daftar bidang usaha, Anda juga perlu untuk mengurus perubahan AD. 

 

4. Jangka Waktu Pendirian Perusahaan

Perusahaan Anda dapat didirikan dalam jangka waktu tertentu atau dalam batas waktu yang tidak ditentukan. Perubahan pada jangka waktu juga akan menyebabkan Anda harus mengurus dokumen ini.

 

5. Besar Modal yang Menyebabkan Perubahan Akta Anggara Dasar PT

perubahan akta anggaran dasar pt

Terdiri atas besar modal dasar, modal ditempatkan dan disetor. Hal-hal yang berkaitan dengan modal tentunya akan memberi pengaruh besar dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk melakukan perubahan.

 

6. Status yang Berubah Menyebabkan Perubahan Akta Anggaran Dasar PT

Jika sebelumnya perusahaan Anda ingin memulai untuk melakukan penawaran umum atau IPO (Initial Public Offering) di bursa, maka Anda perlu melakukan perubahan akta. khusus untuk perseroan terbatas yang berubah dari tertutup menjadi terbuka, maka AD mulai berlaku sejak tanggal efektif pernyataan pendaftaran yang diajukan dan waktu dilaksanakannya IPO bagi perseroan terbatas yang mengajukan pernyataan pendaftaran.

 

7. Perubahan Susunan Direksi dan/ atau Komisaris yang Menyebab Perubahan Akta Anggara Dasar PT

Diubahnya nama personil dari dewan direksi dan komisaris dapat membuat sebuah perusahaan harus melakukan perubahan AD. Perubahan anggota dewan direksi dan komisaris dapat disebabkan oleh beberapa hal. Dengan begitu perubahan anggara dasar juga dapat terjadi karena alasan tersebut.

 

Cara Melakukan Perubahan Akta Anggaran Dasar PT

perubahan akta anggaran dasar pt

Hal yang perlu untuk Anda lengkapi jika ingin melakukan hal ini adalah menyiapkan informasi atau dokumen mengenai informasi detail mengenai jenis perubahan yang ingin dilakukan. Selain itu Anda perlu untuk menyiapkan Identitas pemegang saham, direksi dan komisaris berupa KTP, KK dan NPWP.

Anda juga perlu mengubah beberapa dokumen yang berkaitan dengan perubahan domisili perusahaan. Beberapa dokumen yang perlu Anda perbaiki jika mengganti alamat di antaranya adalah SKDP, NPWP perusahaan, SIUP dan TDP.

Setelah dokumen terkait perubahan sudah lengkap, Anda dapat mengajukan perubahan kepada menteri untuk disetujui.

Permohonan persetujuan ini diajukan pada menteri paling lambat 30 hari terhitung sejak tanggal akta notaris yang memuat perubahan. Untuk perpanjangan jangka waktu berdirinya perusahaan harus diajukan paling lambat 60 hari sebelum jangka waktu berdirinya perusahaan berakhir. 

 

Itulah hal yang perlu untuk Anda ketahui mengenai hal ini. Anda dapat menggunakan jasa dari Indogate untuk melakukan Perubahan Akta Anggaran Dasar PT. Kami juga menyediakan berbagai layanan untuk pendirian perusahaan dan perizinan usaha Anda.