Bisnis Desain Grafis yang Cocok untuk Designer

November 25, 2021by Rahazlen

Bisnis desain grafis dapat dijadikan sebagai salah satu peluang usaha bagi Anda yang memiliki kemampuan design. Berikut ide usaha yang dapat Anda kembangkan dan jadikan sebagai pemasukan tambahan.

 

Mengenal Bisnis Desain Grafis

Bisnis desain grafis adalah usaha yang dilakukan di bidang desain grafis yang dapat dilakukan oleh perorangan. Desain grafis atau yang lebih dikenal dengan desain komunikasi visual sering dikategorikan sebagai commercial art. Hal ini karena jasa yang dijual merupakan paduan antara seni rupa dan komunikasi untuk tujuan bisnis. 

Graphic design mengandung kekayaan intelektual atau HAKI, yaitu hak cipta, desain industri dan merek. Kekayaan intelektual  merupakan kekayaan yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia. Hal ini melalui daya cipta, rasa dan karsanya di bidang teknologi, seni dan sastra dan ilmu pengetahuan.

 

Fokus Jasa Bisnis Desain Grafis

bisnis desain grafis

Untuk memulai usaha ini, Anda perlu untuk memehami beberapa jenis yang ada di bidang desain grafis. Untuk beberapa fokus saja usaha ini adalah:

  1. Desain grafis untuk branding
  2. Desain cetak fisik
  3. Jasa periklanan
  4. Design pengemasan
  5. Videografi
  6. Desainer grafis web

Anda dapat menentukan usaha yang sesuai dengan minat Anda.

 

Ide Bisnis Desain Grafis

Terdapat beberapa fokus dalam jasa design dan graphic yang dapat Anda jadikan sebagai ide dalam memulai usaha, di antaranya adalah:

 

1. Jasa Periklanan

bisnis desain grafis

Dalam melakukan iklan, visual tentunya menjadi hal yang sangat penting. Iklan dengan dukungan visual yang bagus akan menarik minat banyak pelanggan. Anda dapat menawarkan jasa di bidang periklanan dan membantu perusahaan dalam melakukan iklan.

 

2. Videografi dan Edit Foto

black video camera on black tripod

Anda dapat menggunakan keahlian dalam mengedit foto dan mengambil video sebagai peluang usaha. Jasa ini dapat Anda tawarkan pada klien yang memiliki brand dan ingin melakukan promosinya dengan menggunakan visual dalam bentuk foto dan video. 

 

bisnis desain grafis

Agar sebuah produk dapat lebih menarik, Anda dapat menggunakan pengemasan yang unik. Sedangkan logo dapat dijadikan sebagai alat branding dari sebuah produk. Baik kemasan maupun logo dapat dijadikan sebagai alat pembeda dari produk pesaing lainnya. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan logo dan design dari pengemasan pada perusahaan yang memproduksi barang atau jasa.

 

4. Pembuatan Web

grey flat screen computer monitor

Jasa ini merupakan jasa yang paling banyak dicari oleh para perusahaan. Sebagai web designer, Anda memiliki tugas untuk menata layout, membuat gambar dan membangun tampilan yang memudahkan pengunjung untuk mengakses menu yang tersedia. Dengan melakukan hal ini, Anda akan memiliki banyak tawaran pekerjaan.

 

5. Youtuber

bisnis desain grafis

Menjadi youtuber dalam menjadi salah satu pilihan Anda. Anda dapat mengunggah video yang sudah Anda design sendiri dan memanfaatkan  adsense untuk mendapatkan pendapatan. Semakin banyak orang yang menonton video Anda maka semakin tinggi pendapatan Anda.

 

6. Blogger Designer

man sitting on sofa while using laptop

Sebagai desainer, Anda dapat memanfaatkan blog sebagai wadah karya Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengasah skill Anda dengan melakukannya secara rutin. Anda akan mendapat penghasilan melalui adsense.

 

Kode Etik Bisnis Desain Grafis

Kode etik dalam jenis usaha ini meliputi aturan baku untuk menjalankan usaha dengan pelayanan prima dan bersaing secara sehat. Selain itu juga terdapat kode etik desainer yang meliputi sikap dan standar profesionalisme dan mengerjakan proyek design. Kode etik tersebut adalah sebagai berikut.

 

1. Usaha DKV

Adapun kode etik dalam usaha DKV adalah perusahaan sanggup untuk mengurus izin kegiatan usaha dengan mengacu pada perundang-undangan yang berlaku, dan perusahaan sanggup menjaga persaingan bisnis secara sehat, perusahaan sanggup untuk memenuhi kriteria hak kekayaan intelektual atas karya yang dibuat dengan mengacu pada perundang-undangan yang berlaku. 

 

2. Profesi Desainer

Kode etik sebagai orang yang berprofesi sebagai desainer adalah mampu menjaga sikap untuk kualitas orisinalitas atau kebaruan karya dan tidak melakukan plagiasi gagasan maupun visualisasi karya desain milik desainer lainnya.

 

Tips Memulai Bisnis Desain Grafis

man in black long sleeve shirt sitting beside black flat screen computer monitor

Terdapat beberapa tips yang perlu untuk Anda lakukan jika ingin memulai bisnis ini. Beberapa hal yang mungkin bisa Anda terapkan adalah:

 

1. Riset Tarif Jasa

Ini merupakan hal yang penting agar usaha Anda dapat bersaing dengan usaha lain. Bisnis ini dapat dilakukan oleh satu orang. Oleh karena itu, Anda dapat menentukan harga atas jasa yang Anda berikan. Lakukan riset terlebih dahulu agar Anda tidak memberikan harga yang terlalu tinggi atau rendah di pasaran.

 

2. Buat Ruang Kerja Sendiri

Desainer yang bekerja secara mandiri, biasanya memiliki ruang kerja sendiri. Anda dapat membuat ruang kerja sendiri senyaman mungkin agar dapat fokus bekerja. Selain itu, ruangan yang nyaman akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

 

3. Temukan Relasi Bisnis

Anda dapat menciptakan relasi bisnis dengan cara mencari perusahaan yang memiliki modal besar dan membtuhkan jasa Anda. Dengan begitu, Anda dapat menawarkan jasa dan melakukan kerja sama. Anda juga dapat memilih perusahaan yang baru dirintis namun memiliki potensi yang tinggi.

 

Itulah hal yang perlu Anda ketahui mengenai bisnis ini. Anda dapat menggunakan jasa dari Indogate untuk mendirikan perusahaan dan perizinan usaha. Kami menyediakan berbagai layanan dengan para profesional dan harga terjangkau.