Bisnis Daur Ulang Barang yang Menjanjikan

November 18, 2021by Rahazlen

Bisnis daur ulang tidak hanya akan menguntungkan Anda, namun juga dapat menyelamatkan lingkungan dari sampah. Anda dapat membuat sebuah perusahaan yang dapat menjadikan sampah sebagai bahan baku dan memproduksinya menjadi barang baru yang dapat digunakan. Tertarik dengan usaha ini? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Sampah Daur Ulang

bisnis daur ulang

Sampah memang sudah menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Tumpukan sampah berada di mana-mana dan tentunya mengganggu aktivitas dan nilai estetika dari sebuah tempat. Namun, banyaknya sampah tidak hanya memberikan dampak negatif bagi masyarakat. Di balik sampah yang menjadi masalah, terdapat peluang bagi para pengusaha untuk menciptakan perusahaan daur ulang. Anda dapat melakukan daur ulang dari sampah untuk menambah atau meningkatkan perekonomian. 

Sampah yang dapat didaur ulang di antaranya adalah:

1. Metal

Bahan ini biasanya terdapat pada kaleng minuman, mesin, panci, baut, klip kertas. staple dan peralatan makanan yang terbuat dari besi lainnya. Sampah dengan bahan metal cukup banyak jumlahnya, Anda dapat memanfaatkan hal ini sebagai peluang usaha daur ulang.

 

2. Limbah Jelantah

Ini merupakan bekas dari minyak goreng yang telah digunakan. Minyak goreng tidak dapat digunakan terus menerus dan harus diganti secara berkala. Oleh karena itu, sisa dari minyak goreng bekas pakai cukup banyak dan dapat dijadikan sebagai peluang daur ulang.

 

3. Kaca

Barang-barang yang terbuat dari kaca seperti botol kaca, vas bunga, cermin, gelas dan piring dapat dikumpulkan dan didaur ulang. Kaca merupakan barang yang rentan untuk rusak dan menjadi sampah. Oleh karena itu, kaca menjadi limbah yang cukup banyak.

 

4. Kertas

Pemakaian kertas masih cukup banyak hingga sekarang. Banyak produk yang menggunakan kertas menumpuk begitu saja seperti kardus. majalah, kertas HVS, dan kemasan makanan.Hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuka usaha daur ulang kertas.

 

5. Plastik

Plastik merupakan bahan yang paling sering digunakan pada sebuah produk. contohnya adalah kemasan makanan, botol sampo dan sabun, wadah makanan dan minuman, dan masih banyak lagi. Permasalahan sampah plastik masih menjadi permasalahan yang besar dan belum terselesaikan, Banyaknya sampah plastik juga berdampak pada lingkungan. Oleh karena itu. Anda dapat memulai untuk membuka bisnis daur ulang sampah plastik sekaligus berperan dalam menjaga lingkungan.

 

Ide Bisnis Daur Ulang

Jika Anda tertarik untuk melakukan usaha daur ulang, berikut beberapa ide usaha yang dapat Anda jadikan pilihan.

 

1. Kerajinan Tangan

bisnis daur ulang

Tidak membutuhkan modal yang besar, Anda dapat memulai usaha dengan memanfaatkan sampah yang didaur ulang dengan membuat kerajinan tangan. Misalnya dengan botol plastik bekas, Anda dapat membuat pot bunga, celengan, bunga plastik dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan sedotan bekas untuk membuat bunga plastik. 

Anda juga dapat memanfaatkan kardus bekas untuk membuat celengan dan kotak tisu. Selain itu, juga dapat digunakan untuk membuat replika rumah-rumahan untuk anak kecil. Untuk sampah karton bekas, Anda dapat memanfaatkannya sebagai wadah alat tulis, charger ponsel dan lainnya.

 

2. Membuat Pabrik Daur Ulang

bisnis daur ulang

Anda dapat membuat pabrik yang langsung mendaur ulang sampah dalam jumlah besar. Misalnya, Anda dapat membuat pabrik daur ulang sampah kaca atau pun sampah plastik kemudian membuat produk baru dari bahan tersebut. Anda juga dapat kembali memproduksi kertas dari kertas bekas yang Anda kumpulkan.

 

Tips Memulai Bisnis Daur Ulang

Untuk memulai sebuah usaha, tentunya Anda perlu untuk mengetahui beberapa hal terkait usaha yang akan Anda bangun. Berikut beberapa tips yang dapat berguna bagi Anda.

 

1. Menyiapkan Modal yang Cukup

Anda tentu perlu mencari tahu berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah usaha. Jika ingin membuka usaha dalam bentuk pabrik, Anda perlu untuk mencari tahu harga dari mesin dan bahan baku yang dibutuhkan. Anda juga perlu untuk mencari tahu bagaimana cara Anda mendapatkan sampah sebagai bahan baku. Selain itu Anda juga perlu menyiapkan modal dalam bentuk lahan.

 

2. Pelajari dan Pahami Metode Daur Ulang

Tentunya Anda perlu tahu metode daur ulang. Jangan sampai barang yang Anda produksi dari daur ulang itu tidak dapat digunakan karena tidak sesuai dengan standar yang diberlakukan. 

 

3. Merekrut Karyawan

Anda perlu untuk memperkirakan berapa karyawan yang dibutuhkan dan di bidang apa saja. dengan begitu Anda dapat mencari karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai bisnis ini. Anda dapat menggunakan jasa dari Indogate dalam memulai usaha Anda. Selain mendirikan perusahaan, kami juga akan membantu dalam perizinan usaha Anda.