Bisnis Franchise, Ide Usaha Memulai Bisnis

November 10, 2021by Rahazlen

Bisnis franchise atau waralaba merupakan salah satu jenis usaha yang cukup populer sekarang ini. Banyak bermunculan para pengusaha baru dengan mengembangkan usaha ini. Kenali lebih lanjut mengenai bentuk usaha ini melalui penjelasan berikut.

 

Pengertian Bisnis Franchise

Franchise berasal dari bahasa Perancis yang artinya kebebasan atau keistimewaan. Kata tersebut dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai waralaba. Kata waralaba sendiri berarti lebih untung. Bisnis franchise adalah bisnis yang usahanya menggunakan brand yang sudah ada.

Kegiatan usaha waralaba ini merupakan perjanjian pembelian hak untuk menjual produk dan jasa dari pemilik usaha. Pemilik usaha atau yang disebut juga sebagai franchisor biasanya akan memberikan bantuan berupa produk, proses produksi, operasional, manajemen SDM, pengelolaan keuangan dan standar perlengkapan produksi. Pembeli lisensi atau Franchisee akan memberikan imbalan berupa pembayaran royalti secara rutin.

 

Dasar Hukum

Regulasi yang mengatur mengenai jenis usaha ini adalah Permendag Nomor 17 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba. Pada peraturan tersebut, pewaralaba harus memiliki STPW atau Surat Tanda Pendaftaran Waralaba. Untuk pengajuan permohonan STPW ini dapat dilakukan melalui Online Single Submission atau OSS.

 

Keuntungan Bisnis Franchise

bisnis franchise

Jika Anda memilih untuk memulai usaha dengan waralaba, keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah:

 

1. Brand yang Sudah Dikenal

Anda tidak perlu repot untuk mengurus promosi dari brand yang Anda jalankan. Hal ini karena produk yang akan Anda jual sudah dikenal di kalangan masyarakat luas. Jika Anda memilih brand yang sudah terkenal, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk masalah promosi. Selain itu, konsumen juga akan langsung mengenali produk Anda dan datang dengan sendirinya.

 

2. Support dari Pemilik Waralaba

Sebagian besar dari usaha Anda akan didukung oleh pemiliknya, seperti bantuan produk brand yang akan dijual hingga strategi marketing dan manajemen keuangan. Pemilik juga biasanya akan membantu terkait masalah promosi brand.

 

3. Tidak Memulai dari Nol

Anda dapat menjalankan usaha dengan manajemen yang sudah terbentuk. Anda tidak perlu lagi repot dan khawatir mengenai ide bisnis, sistem manajemen, keuangan dan lainnya. Semuanya sudah disiapkan oleh pemilik dan Anda hanya akan menjalankannya di lokasi baru.

 

Kerugian Bisnis Franchise

bisnis franchise

Jika ada keuntungan, tentunya ada sisi minus dari usaha ini. Kerugian yang kemungkinan akan Anda rasakan jika mengelola bisnis ini adalah:

 

1. Kurang Fleksibel

Karena semua sudah diatur oleh pemilik, Anda akan merasa kurang fleksibel dalam melakukan bisnis. Jika Anda memiliki inovasi atau ide perubahan pada produk, Anda akan sulit untuk melakukannya. Anda harus melakukan diskusi dan memperoleh izin terlebih dahulu jika ingin melakukan inovasi.

 

2. Franchisor sebagai Supplier  Tunggal

Anda tidak perlu memusingkan masalah supplier bahan baku karena sudah disediakan oleh pemilik. Namun, Anda tidak bisa membeli atau memilih bahan baku di tempat lain yang mungkin harganya lebih terjangkau.

 

3. Mengeluarkan Modal Awal dan Bagi Keuntungan

Sebelum memulai usaha, Anda harus membayar sejumlah uang sesuai kesepakatan sebagai modal awal. Biasanya modal yang dikeluarkan di awal cukup tinggi, terlebih jika Anda membeli lisensi dari brand yang sudah terkenal. Selain itu, beberapa usaha waralaba juga membebankan pembagian keuntungan. Hal ini tentu akan mengurangi pendapatan Anda.

 

Ide Bisnis Franchise

Jika Anda masih bingung untuk menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, Anda dapat menyimak beberapa ide berikut ini. Berikut ide bisnis dari usaha waralaba yang bisa menjadi pilihan Anda.

 

1. Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

bisnis Franchise

Usaha waralaba di bidang ini cukup menjanjikan. Terdapat banyak variasi dalam usaha dan Anda akan memiliki banyak pilihan produk. Anda dapat menjual makanan lokal, tradisional, dan makanan kekinian. Sedangkan untuk minuman, Anda dapat memilih minuman boba, thai tea, cokelat dan lainnya.

 

2. Depot Air Minum

bisnis Franchise

Air minum memiliki pasar yang sangat luas. Selain itu, usaha di depot air minum dapat dinilai cepat balik modal dengan margin laba yang cukup besar. Air mineral tidak akan basi sehingga Anda tidak perlu khawatir akan ada produk yang terbuang.

 

3. Ekspedisi

man in green t-shirt and blue denim jeans holding brown cardboard box

Semakin tingginya transaksi ecommerce di Indonesia membuat usaha di bidang ekspedisi semakin menjanjikan. Banyaknya orang yang lebih memilih belanja secara online membuat ekspedisi memiliki peran yang penting.

Para pemilik bisnis online perlu untuk memiliki perizinan berusaha sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 80 tahun 2019 tentang PMSE. Setelah memiliki perizinan, bisnis online dapat berjalan. Dengan berjalannya bisnis tersebut, Anda dapat memanfaatkannya untuk menjadi peluang usaha baru.

4. Minimarket

bisnis franchise

Meski membutuhkan modal yang tidak sedikit, minimarket dapat menjadi usaha yang menjanjikan dengan margin laba yang besar. Selain itu, balik modal pada usaha ini juga lebih cepat.

 

Tips Memulai Bisnis Franchise

stir fry noodles

Sebelum memulai bisnis, terdapat hal-hal yang perlu untuk Anda perhatikan. Jika Anda adalah seorang pemula dalam bisnis ini, maka tips ini akan sangat bermanfaat untuk Anda. Beberapa tips yang dapat Anda terapkan adalah:

 

1. Bekerja sesuai Passion

Anda dapat memilih bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Bisnis franchise memiliki berbagai bidang, mulai dari kuliner hingga layanan jasa. Jika bekerja sesuai dengan minat, Anda dapat menjalankan bisnis sepenuh hati. Pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati akan lebih maksimal.

 

2. Lokasi Strategis Bisnis Franchise

Lokasi merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, lokasi bisnis Anda dapat disesuaikan dengan produk yang dijual dan target market. Jika produk Anda adalah makanan ringan dengan harga terjangkau dan target market Anda adalah mahasiswa, maka lokasi yang cocok adalah di sekitar area kampus atau kost.

 

3. Persiapkan Modal Bisnis Franchise dan Lakukan Riset

Berapa Modal yang dapat Anda persiapkan untuk melakukan bisnis franchise? Anda dapat menyesuaikan modal yang Anda miliki dengan bisnis franchise yang akan diambil. Selain itu, sebelum melakukan bisnis Anda perlu untuk melakukan riset. Apa tujuan yang ingin dicapai? Apa produk yang akan dijual? Di mana akan menjual produk? Anda perlu untuk mengetahui bisnis franchise yang sesuai dengan tujuan Anda.

 

Itulah hal yang perlu Anda ketahui mengenai bisnis franchise. Anda dapat mengurus perizinan usaha Anda dengan menggunakan layanan Indogate. Kami juga menyediakan layanan pendirian perusahaan dengan para profesional.