Bisnis Makanan Kekinian Bagi Pemula

October 25, 2021by Rahazlen

Bisnis makanan merupakan usaha yang cukup menjanjikan selama pandemi. Anda dapat memulai usaha ini dengan berbagai ide usaha makanan kekinian yang memiliki pasar luas. Berikut rekomendasinya.

 

Jenis Bisnis Makanan

Sebelum memulai usaha Anda dengan berbagai makanan, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis usaha yang akan digunakan. Terdapat beberapa jenis usaha makanan yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan. 

 

1. Kafe dan Restoran

bisnis makanan

Ini merupakan jenis usaha paling umum dan paling sering untuk dilakukan oleh para pelaku usaha. Anda dapat membuka kafe atau restoran untuk memulai usaha. Tentunya Anda membutuhkan modal yang sedikit lebih banyak untuk memulai usaha ini. Oleh karena itu, Anda harus melihat peluang dengan lebih teliti dan menentukan konsep sekreatif mungkin. Anda dapat membuat kafe dengan konsep kekinian yang menjual berbagai makanan penutup dan minuman boba. Anda juga dapat mendirikan restoran dengan berbagai konsep menarik dan harga yang sesuai dengan pasar. 

 

2. Minuman Kekinian

two clear glass jars with straws

Sekarang ini, para anak muda menggemari berbagai minuman kekinian yang unik. Contohnya seperti minuman boba, kopi, teh dan lainnya. Minuman yang dijual memiliki berbagai variasi rasa sehingga konsumen dapat memilih minuman favoritnya. Anda dapat melihat ini sebagai peluang Anda dalam memulai usaha. Mulai dari menetapkan produk yang dijual dan konsep yang unik, produk Anda dapat mulai bersaing dengan produk minuman lainnya.  

 

3. Makanan Organik

bisnis makanan

Sekarang ini, banyak orang yang sadar akan kesehatannya dan menginginkan makanan yang lebih sehat. Makanan organik juga dibutuhkan oleh orang-orang yang sedang diet. 

Peluang usaha makanan ini dapat Anda manfaatkan. Anda dapat memasarkan makanan organik secara online hingga sampai ke konsumen yang lebih luas. 

 

4. Katering 

bisnis makanan

Usaha katering merupakan peluang usaha jika Anda pandai dalam memasak. Jika tidak memiliki modal yang banyak, Anda dapat memulai dengan katering skala kecil yang dipasarkan dari mulut ke mulut. Anda dapat menawarkan kepada tetangga atau rekan kerja. 

Jika sudah memiliki modal yang besar, Anda dapat mengambil katering untuk acara besar seperti nikahan atau acara hari besar lainnya.

 

5. Makanan Bayi

oatmeal on white bowl beside yellow banana

Peluang usaha ini juga cukup besar. Para orang tua tentunya akan membeli makanan untuk para bayi secara berkala. Anda dapat menyediakan makanan bayi dari berbagai usia agar mendapat pasar yang lebih luas. 

 

Ide Bisnis Makanan

Sebagai pemula, Anda dapat memilih ide usaha yang cocok bagi Anda. Berikut adalah beberapa ide usaha makanan yang dapat Anda pilih. 

 

1. Kedai Kopi

bisnis makanan

Usaha ini sudah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Banyak merek terkenal yang saling bersaing untuk mendapatkan pasar milenial dan generasi Z. Anda tentu dapat ikut bersaing dalam usaha ini.

Banyaknya orang yang menyukai minuman kopi, membuat pasar kedai kopi Anda akan semakin banyak. Selain kopi, Anda juga dapat menyuguhkan suasana nongkrong kekinian yang membuat pelanggan betah dan kembali ke kedai kopi Anda.

 

2. Corndog

Corndog merupakanan makanan ringan dari Korea Selatan. Makanan ini cukup populer di kalangan anak muda. Rasanya gurih dan disajikan dengan berbagai saus khas. Anda dapat mencoba untuk membuatnya dengan berbagai resep yang ada di internet. Selain itu, Anda juga dapat melakukan modifikasi resep agar dapat menjadi ciri khas dari produk Anda.

Jangan lupa untuk menetapkan harga agar dapat bersaing di pasaran. 

 

3. Dessert Box

selective focus photography of four donuts in brown cardboard box

Makanan penutup ini cukup digandrungi oleh para anak muda. Dessert box hadir dalam berbagai bentuk yang menarik dan rasa yang unik. Banyaknya rasa yang disajikan dapat membuat pelanggan memiliki banyak pilihan. 

Jika Anda memulai usaha ini, Anda dapat melakukan variasi pada rasa dan isi dessert box Anda. Buat ciri khas Anda sendiri agar memberi kesan unik pada pelanggan. 

 

4. Rice Bowl

Makanan ini dikemas dengan menggunakan mangkok. Isinya lengkap dengan nasi, sayuran, lauk pauk dan kerupuk. Jika hobi memasak, Anda dapat memulai usaha makanan dengan ide ini. Anda dapat membuat variasi tersendiri dari rice bowl Anda dan menjualnya. 

 

5. Aneka Kue

brown cookies on round brown bowl

Jika Anda hobi memasak kue, Anda dapat menjadikannya peluang usaha. Anda dapat membuka toko kue offline maupun online dan memasarkan dengan promosi yang menarik. Anda juga dapat membuat roti sourdough yang diminati oleh orang yang menginginkan makanan sehat. Selain itu, Anda juga dapat membuat Korean garlic cheese bread yang sedang tren di kalangan anak muda. 

 

Tips Memulai Bisnis Makanan

photo of bulb artwork

Belum pernah memulai usaha? Anda dapat memulai bisnis makanan dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Menemukan Ide yang Cocok

Makanan apa yang Anda ingin jual? Banyak pilihan makanan yang dapat Anda jadikan bisnis. Anda dapat mencocokkan dengan peluang usaha atau dengan kemampuan yang Anda bisa. Kumpulkan ide sebanyak mungkin, kemudian seleksi ide mana yang berpeluang menjadi sebuah bisnis.

2. Mencari Target Pasar

Setiap usaha memiliki target pasar tertentu. Untuk melakukan bisnis makanan, Anda juga perlu untuk menentukan target pasar. Lakukanlah riset untuk menentukan siapa target dari produk makanan Anda. Contohnya, makanan kekinian seperti cheese cake atau brownies lebih banyak disukai oleh target pasar remaja dan dewasa muda.

3. Mencari Supplier Bisnis Makanan

Dari mana bahan makanan Anda dapatkan? Anda perlu mencari supplier bahan baku yang cocok, baik dari segi kualitas barang maupun harga. Pastikan supplier yang Anda ajak kerja sama memiliki sistem distribusi yang layak dan bekerja sesuai jadwal.

4. Merancang Keuangan untuk Bisnis Makanan

Ini merupakan hal yang penting. Menghindari kerugian, Anda dapat merancang keuangan bisnis. Anda dapat menggunakan aplikasi keuangan atau catatan manual agar semua rincian keuangan tercatat dan tersusun rapi. Anda juga perlu untuk mengatur target keuangan agar dapat menentukan pengeluaran rutin dan keuntungan yang diinginkan

5. Mencari Strategi Pemasaran Bisnis Makanan yang Tepat

Bagaimana cara produk makanan Anda sampai ke pelanggan? Anda memerlukan promosi dan pemasaran produk. Sekarang ini, strategi pemasaran menggunakan media sosial merupakan hal yang paling mudah dilakukan. Selain itu, pemasaran menggunakan media sosial juga terbilang murah dan mudah untuk dilakukan.

 

Izin Usaha yang Dibutuhkan dalam Bisnis Makanan

Perizinan yang dibutuhkan dalam bisnis makanan di antaranya adalah:

1. Izin Usaha Restoran

Jika Anda memilih untuk membuka usaha restoran, Anda memerlukan izin khusus untuk usaha tersebut. Izin usaha restoran ini diperlukan agar usaha Anda memiliki legalitas secara hukum. Selain itu, dengan memiliki izin ini, produk Anda juga akan sesuai dengan standar sehingga akan membangun citra yang baik bagi konsumen.

2. Izin dari BPOM

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah lembaga yang memiliki tugas utama untuk mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan yang beredar di seluruh Indonesia. Jika ingin membuat produk Anda sendiri, Anda perlu untuk mendapat izin BPOM terlebih dahulu sebelum memasarkannya. Pendaftaran Izin BPOM dapat Anda lakukan secara online melalui E-BPOM.

 

Itulah berbagai ide bisnis makanan yang dapat Anda jadikan pilihan. Sebagai pemula, tentu tidak mudah untuk membuka bisnis. Anda dapat menggunakan jasa dari Indogate dalam melakukan pendirian usaha dan perizinan usaha Anda. Kami menyediakan berbagai layanan yang akan membantu usaha Anda.