Bisnis Sampingan yang Mudah untuk Dilakukan

October 15, 2021by Rahazlen

Bisnis sampingan dapat Anda lakukan untuk menambah pendapatan. Simak ulasan berikut mengenai usaha yang dapat Anda kerjakan di waktu luang.

 

Bisnis Sampingan

Memiliki pekerjaan mungkin sudah menjadi kebutuhan. Anda perlu bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup. Agar dapat memiliki pendapatan yang lebih, Anda bisa melakukan bisnis sampingan.

Seperti namanya, usaha ini bukan merupakan pekerjaan utama Anda. Hanya untuk mengisi waktu luang atau menambah pendapatan saja. Anda tidak sepenuhnya fokus dengan usaha ini, perkembangan usaha ini juga biasanya tidak begitu cepat. Jika Anda merupakan karyawan dari perusahaan seperti perseroan terbatas atau seorang pegawai negeri, Anda dapat mengurus usaha sampingan pada akhir pekan atau hari libur. 

Dengan bisnis sampingan, Anda dapat mengembangkan bakat atau kreativitas yang tidak diasah ketika bekerja. Nilai tambahnya, usaha tersebut akan menambah pendapatan Anda.

 

Ide Bisnis Sampingan

Biasanya, ketika melakukan sebuah bisnis, sering kali Anda bingung dalam menentukan jenis usaha mana yang dapat dilakukan. Berikut adalah usaha bisnis sampingan yang dapat Anda lakukan, di antaranya adalah:

 

1. Toko Online

bisnis sampingan

Anda dapat membuka toko online sebagai salah satu pilihan dalam memulai usaha sampingan. Tidak sulit untuk mengatur toko online jika masih berskala kecil. Jika membuka usaha online dengan skala besar, tentunya Anda membutuhkan perizinan usaha online terlebih dahulu. Agar lebih mudah, Anda dapat membuka toko online di marketplace dan menjual berbagai barang yang diminati oleh banyak konsumen.  Untuk membuka toko online, Anda perlu untuk mengikuti peraturan yang berlaku seperti PP nomor 80 tahun 2019 tentang PMSE

Jika Anda ingin lebih mudah lagi, Anda dapat melakukan dropshipper atau menjual barang dagangan orang lain. Jika menjadi dropshipper, Anda tidak perlu lagi untuk membeli barang atau melakukan restock, Anda bahkan dapat menjual barang tanpa membeli barang tersebut terlebih dahulu. 

 

2. Warung

Bagi Anda para karyawan, Anda dapat membuka warung sebagai usaha sampingan. Terlebih jika lokasi Anda merupakan tempat yang strategis seperti di sekitar perumahan atau dekat dengan universitas.

Anda dapat menjual makanan dan kebutuhan sehari-hari atau membuka warung kopi. Warung kopi tentu akan lebih laris jika di sekeliling Anda merupakan kawasan yang cukup ramai. 

Dengan membuka warung sederhana Anda dapat memiliki penghasilan tambahan. 

 

3. Jualan Kue

bisnis sampingan

Usaha ini akan sangat digemari oleh Anda yang memiliki keahlian dalam memasak kue. Di kalangan karyawan, jualan kue bukanlah hal yang baru lagi. Usaha ini cukup banyak dilakukan oleh para karyawan. 

Sebagai karyawan, Anda tentunya sudah memiliki banyak relasi dalam bekerja. Relasi itu dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk mempromosikan usaha jualan kue Anda. 

Untuk menambah penghasilan, Anda juga dapat menawarkannya untuk acara kantor atau hari peringatan lainnya. 

 

4. Freelancer

Menjadi freelancer dapat menjadi pekerjaan utama ataupun bisnis sampingan. Jika Anda memiliki bakat dalam bidang desain, Anda dapat menawarkan pekerjaan sebagai graphic designer atau illustrator. Jika Anda suka menulis cerita fiksi, Anda dapat menulis di berbagai platform menulis fiksi berbayar. 

Sekarang ini, banyak website yang dapat Anda temukan untuk menawarkan jasa freelance atau menemukan lowongan sebagai freelancer. Dengan menjadi freelancer, Anda dapat memilih pekerjaan yang Anda sukai dan dapat disesuaikan dengan waktu luang Anda.

 

5. Fotografer

bisnis sampingan

Jika Anda memiliki bakat dan minat di bidang fotografi, Anda dapat menjadi seorang fotografer freelance. Anda dapat menawarkan jasa foto untuk berbagai acara, atau dengan menjual hasil jepretan Anda ke internet. 

Sudah banyak website atau platform yang dapat menyalurkan hasil foto Anda hingga dibeli oleh orang lain. Anda dapat memiliki usaha sampingan sambil mengembangkan bakat.

 

6. Designer Pakaian

Anda hobi mendesain pakaian? Hobi Anda dapat dijadikan sebagai usaha sampingan. Di sela kesibukan, Anda dapat mengisi waktu luang dengan mendesain pakaian. Selain menyalurkan hobi, Anda juga dapat menambah penghasilan. Terlebih jika Anda bisa menjahit, Anda dapat menjual pakaian jadi hasil design Anda sendiri.

 

7. Usaha Katering

dumplings platter

Suka memasak? Jadikan sebagai peluang usaha sampingan Anda. Tawarkan jasa katering pada teman kantor atau tetangga Anda. Lakukan promo menarik seperti harga murah untuk hari peringatan besar.

 

8. Content Creator

Usaha sampingan ini sudah menjamur di tengah masyarakat sekarang. Dengan modal kreativitas dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, Anda dapat menjadi content creator. Anda dapat membuat konten berbayar. Dengan membangun personal branding yang bagus dan unik, akan lebih banyak sponsor yang akan membutuhkan jasa Anda. 

 

9. Jasa Terjemahan

selective focus photography of woman wearing black cold-shoulder shirt using megaphone during daytime

Menguasai bahasa asing dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha. Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dari bahasa asing adalah dengan menawarkan jasa terjemahan. Anda dapat menerjemahkan berbagai artikel atau novel. Anda dapat menawarkan jasa terjemahan ke beberapa platform yang ada di internet. 

 

Rahasia Sukses Bisnis Sampingan

Ingin bisnis sampingan Anda berjalan dengan lancar? Terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan, yaitu:

  1. Mencari ide bisnis. Untuk mendapatkan ide bisnis yang cocok, Anda dapat membuat checklist mengenai daftar kemampuan Anda yang dapat menjadi bisnis.
  2. Membuat Rencana Bisnis. Anda dapat membuat rencana bisnis seperti strategi pemasaran, target konsumen, target pendapatan dan lainnya.
  3. Survey kompetitor. Apa yang dilakukan kompetitor? Apa kelebihan dan kekurangannya? Anda dapat mencari tahu tentang kompetitor agar dapat lebih unggul.
  4. Komitmen. Meski hanya bisnis sampingan, Anda tetap perlu untuk memiliki komitmen agar tidak rugi. Selain itu, komitmen akan membuat Anda sukses dalam menjalankan bisnis.

 

Tips Memilih Bisnis Sampingan

black ipad on brown wooden table

Jika Anda masih pemula dalam berbisnis, Anda dapat memulai secara perlahan. Dalam memilih bisnis sampingan, Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut.

 

1. Memilih Jenis Bisnis Sampingan

Ketika ingin memulai usaha, Anda perlu untuk memilih satu dari berbagai ide usaha. Pilih usaha sampingan yang menurut Anda memiliki peluang paling banyak. Anda juga dapat menyiapkan beberapa ide usaha cadangan yang dapat digunakan jika usaha pertama kurang berhasil. Anda juga dapat memilih usaha sesuai dengan hobi. 

 

2. Menentukan Budget dari Bisnis Sampingan

Perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting. Anda harus membuat rincian keuangan sebelum memulai usaha. Hal ini akan sangat berguna untuk mengurangi risiko kerugian. 

 

3. Melakukan Promosi

Tentunya Anda harus melakukan promosi terhadap produk yang Anda jual. Anda dapat membuat promosi sebaik mungkin dan menyebarnya di berbagai media sosial. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pasar yang lebih luas. Promosi yang bagus dan kreatif akan membuat konsumen tertarik dengan produk Anda. 

 

Itulah berbagai bisnis sampingan yang dapat Anda lakukan. Memiliki pekerjaan sampingan tentunya tidak boleh membuat Anda lalai terhadap profesi utama. Anda dapat menggunakan layanan indogate untuk mengurus perizinan usaha Anda. Selain itu, Indogate juga menyediakan layanan untuk pendirian PT dan pendirian CV dengan para profesional.