Home Industry, Peluang Usaha bagi Pengrajin

October 12, 2021by Rahazlen

Home industry dapat menjadi salah satu pilihan usaha Anda. Kerajinan tangan merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Simak penjelasan berikut mengenai hal ini.

 

Home Industry Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan merupakan hal yang sudah sangat familiar bagi masyarakat umum. Kegiatan ini dapat menjadi usaha baru bagi para seniman yang memiliki bakat di bidang ini. Jika Anda memiliki keterampilan dalam kerajinan tangan, Anda dapat memanfaatkannya keterampilan Anda dalam mendirikan usaha baru.

 

Dasar Hukum

Aturan dari pemerintah yang mengatur mengenai hal ini adalah:

  1. Surat Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No.591/MPR/KEP/99
  2. Undang-undang nomor 9 tahun 1995 tentang Usaha Kecil

 

Keunggulan dan Kelemahan Home Industry

home industry

Tentunya setiap badan usaha atau bisnis memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Keunggulan dan kelemahan dari home industry adalah:

 

1. Keunggulan

Beberapa keunggulan dari home industry adalah:

  1. Dapat memiliki gaya manajemen sendiri
  2. Lebih fleksibel
  3. Merupakan bisnis yang independen
  4. Pemilik menerima seluruh laba
  5. Tidak membutuhkan investasi yang terlalu besar
  6. Dapat menciptakan lapangan kerja baru

 

2. Kelemahan

Adapun kelemahan dari Industri rumahan adalah:

  1. Pembagian kerja biasanya tidak profesional
  2. Perencanaan dan program pengendalian tidak dirumuskan dengan baik
  3. Biasanya kekurangan informasi bisnis
  4. Tidak memiliki rencana sistem jangka panjang
  5. Risiko utang ditanggung oleh pemilik
  6. Kurangnya petunjuk pelaksanaan teknis operasional kegiatan dan pengawasan mutu

 

Manfaat Home Industry

home industry

Apa saja manfaat dari home industry? Terdapat beberapa manfaat home industry bagi masyarakat. Beberapa manfaatnya adalah:

.

1. Membuka Lapangan Kerja 

Membangun perusahaan baru berarti dapat menyerap tenaga kerja yang ada di sekitar tempat usaha. Kegiatan dari industri rumahan sangat bergantung pada tenaga kerja manusia. Oleh karena itu, usaha ini akan mendatangkan banyak lapangan kerja untuk masyarakat sekitarnya.

 

2. Mudah Menemukan Barang Kebutuhan

Barang yang diproduksi oleh industri rumahan biasanya merupakan kebutuhan dari masyarakat sekitar. Dengan adanya industri rumahan ini, masyarakat akan lebih mudah untuk menemukan barang kebutuhannya.

 

3. Meningkatkan Pendapatan

Para pekerja yang bekerja di industri rumahan tentunya mengalami peningkatan pendapatan. Hal ini juga akan berpengaruh pada perekonomian para pekerja. Di skala yang lebih besar, industri rumahan dapat membantu memperbaiki perekonomian negara.

 

Fungsi Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan memiliki dua fungsi, yaitu:

1. Untuk dipakai

Kerajinan tangan memiliki nilai kegunaan tertentu, seperti kerajinan tangan untuk alat rumah tangga.

2. Keindahan

Keindahan merupakan salah satu nilai penting untuk dinikmati secara visual. Contohnya adalah lukisan dan patung.

 

Contoh Home Industry Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan dapat menjadi beberapa output yang berbeda. Beberapa contoh dari bisnis kerajinan tangan yang dapat Anda lakukan adalah:

 

1. Aksesoris

assorted clothes on brown wooden rack

Anda dapat membuat berbagai aksesoris dengan berbagai barang yang diolah ulang. Contohnya kalung, gelang, dan ikat rambut dari kain perca. Anda juga dapat mengasah kreatifitas Anda dengan melakukan inovasi baru.

 

2. Celengan dan Wadah

home industry

Anda dapat menggunakan botol bekas atau wadah bekas lainnya untuk membuat barang baru yang terlihat lebih menarik. Anda dapat menghias dengan cat atau tali agar lebih menarik. Celengan akan sangat banyak peminatnya di kalangan anak-anak.

 

3. Rajutan

home industry

Anda dapat mengeluarkan kreatifitas dari simpul rajutan. Modal yang Anda berikan lebih rendah untuk mendapatkan barang dengan harga jual lebih tinggi. Anda dapat membuat tas, outer atau pakaian lainnya dari tali rajut.

 

4. Hampers

home industry

Salah satu cara memberi hadiah menarik dengan lebih praktis adalah dengan memberi hampers. Anda dapat membuat hampers yang tentunya akan laris manis ketika lebaran dan hari besar lainnya. Kerajinan tangan yang dibuat menjadi hampers sangat menarik minat konsumen karena bentuknya yang unik.

 

5. Anyaman

brown wicker basket lot

Anda yang memiliki keahlian dalam menganyam dapat membuat kerajinan tangan dengan hal tersebut. Banyak peralatan rumah tangga ataupun barang pajangan yang dapat terbuat dari anyaman. Salah satu contohnya adalah karpet anyam dan wadah lainnya.

 

Tips Memulai Home Industry Kerajinan Tangan

Beberapa tips yang akan membantu Anda dalam memulai bisnis adalah:

1. Menyesuaikan dengan hobi

Anda dapat menyesuaikan dengan hobi. Akan lebih mudah dan menyenangkan untuk bekerja sesuai dengan hobi Anda. 

2. Inovasi

Agar berbeda dari orang lain, Anda dapat untuk melakukan inovasi secara berkala. Hal ini juga agar pelanggan Anda menjadi setia.

3. Promosi

Jangan malu untuk mempromosikan barang Anda. Hal ini dapat untuk memperluas pasar Anda.

 

Kesulitan yang Dihadapi Home Industry Kerajinan Tangan

green plant on brown round coins

Ketika menjalani bisnis, tentunya Anda akan dihadapkan oleh beberapa kesulitan, di antaranya adalah:

1. Keterbatasan modal

Usaha mikro kecil biasanya bermodal dari uang pribadi pemilik dan tidak dalam jumlah yang besar. Pelaku usaha kerap kali mencari modal. Oleh karena itu, bisnis mikro kecil menjadi sulit untuk melakukan inovasi baru yang lebih besar.

 

2. Kurang Adanya Inovasi pada Produk Home Industry

Usaha rumahan sering mengalami kendala dalam melakukan inovasi pada produk. usaha. Produk juga memiliki daya saing yang rendah. Para pelaku usaha dapat lebih kreatif dan inovatif lagi dalam memproduksi produk.

 

3. Kurangnya Branding pada Produk Home Industry

Branding seringkali diremehkan oleh pelaku usaha, padahal hal tersebut merupakan yang sangat penting dalam kelangsungan pemasaran produk. Selain menjaga kualitas barang, Anda juga perlu untuk memperhatikan branding dari produk yang Anda punya. Anda juga dapat memberi merek sendiri pada produk.

 

Izin Usaha Mikro Kecil 

Jika Anda mendirikan perusahaan, Anda tentunya membutuhkan izin. IUMK merupakan izin untuk usaha mikro kecil. IUMK adalah tanda legalitas kepada seorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk naskah satu lembar.

Anda dapat mengurus dengan menggunakan sistem OSS (Online Single Submission). Anda juga dapat langsung mengunjungi kantor camat untuk mengurus perizinan ini. Jangan lupa untuk melengkapi persyaratan administrasi seperti KTP, NPWP dan lainnya. 

 

Itulah hal-hal yang dapat Anda ketahui mengenai home industry kerajinan tangan. Anda dapat mempercayakan pendirian perusahaan Anda dan perizinan usaha Anda pada Indogate.