Coworking Space Adalah: Pengertian dan Fasilitasnya

September 3, 2021by Rahazlen

Coworking space atau ruang kerja bersama dapat Anda gunakan untuk bekerja dengan suasana baru. Fenomena ini hadir sebagai alternatif dari ruang atau gedung perkantoran yang mahal.

 

Apa Itu Coworking Space?

Coworking Space adalah istilah yang digunakan untuk ruang kerja bersama. Istilah dari coworking space mungkin sudah tidak asing lagi. Sejak tahun 2017, istilah ini tumbuh dengan pesat, terutama di kota-kota besar. Coworking space merupakan sebuah ruang kerja bersama di mana Anda dan orang lain dapat memesannya untuk individu maupun kelompok. 

Biasanya ruang kerja terdapat beberapa macam seperti ruangan dengan meja yang luas untuk dipakai bersama dan ruang kecil dengan sekat-sekat yang bisa disewa untuk privat.

Ruang kerja bersama ini semakin populer dikarenakan mahalnya menyewa gedung perkantoran, terlebih untuk perusahaan rintisan. Selain itu, banyaknya freelancer juga membuat ruang kerja bersama ini semakin banyak peminatnya. 

 

Kenapa Menggunakan Coworking Space?

three men sitting on chair beside tables

Bagi Anda yang biasanya bekerja dari rumah, tentunya memiliki rasa jenuh dengan suasana yang sama terus menerus. Ruang kerja bersama dapat menjadi pilihan untuk bekerja dengan suasana baru. 

Konsep ruang kerja bersama yang dibuat dengan konsep open space dan transparency, akan membuat penggunanya dapat lebih aktif berinteraksi. Ini akan sangat membantu untuk Anda yang bekerja di startup agar dapat lebih aktif berdiskusi.

 

Manfaat Coworking Space

Selain itu, ruang kerja bersama ini dapat dimanfaatkan untuk menambah relasi dan berkolaborasi. Di sini, Anda akan bertemu dengan sesama entrepreneurs dan dapat menjalin bisnis atau menambah relasi. 

Beberapa manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan coworking space adalah:

  • Penghematan Biaya Gedung

Dengan menyewa ruang kerja bersama, Anda tidak perlu lagi menyewa gedung permanen untuk Anda dan karyawan. Menyewa ruang kerja bersama akan lebih murah dan dapat menghemat biaya operasional perusahaan Anda. Ini sangat cocok untuk startup.

  • Tidak Perlu Membeli Peralatan kantor

coworking space

Tidak hanya menghemat biaya gedung, Anda juga tidak perlu menyiapkan peralatan kantor seperti meja, kursi, dan furniture lainnya. Ruang kerja bersama sudah menyediakan hal tersebut untuk Anda.

  • Kesempatan Kolaborasi

Di ruang kerja bersama, Anda akan bertemu dengan lebih banyak orang yang mungkin memiliki bisnis serupa dengan Anda. Kemungkinan melakukan kolaborasi sangat besar jika sering bertemu dan melakukan diskusi.

  • Kehidupan Lebih Tertata

Biasanya jika Anda bekerja di rumah, seringkali pekerjaan tercampur dengan urusan pribadi. Dengan bekerja di coworking space, Anda dapat bekerja secara fokus dan di rumah, Anda dapat mengurus urusan pribadi tanpa ada beban pekerjaan.

  • Suasana Baru

brown wooden table and chairs

Bagi Anda yang ekstrovert dan lebih suka untuk bekerja di luar, bekerja dari rumah mungkin akan menjadi hal yang membosankan. Maka, ruang kerja bersama menjadi tempat yang cocok untuk Anda. Anda akan lebih hidup dengan dapat berinteraksi dengan orang sekaligus tetap dapat bekerja dengan fokus.

 

Fasilitas yang Didapatkan

Apa saja fasilitas yang akan Anda dapatkan jika menggunakan coworking space? Fasilitas yang dapat Anda nikmati adalah:

  • Furniture Kantor

Tentunya ruang kerja bersama ini menyediakan furniture dasar seperti meja, kursi, dan akses internet yang dapat digunakan untuk Anda yang menyewa. Di area ruang kerja bersama, Anda akan bekerja di meja yang panjang dan berbaur dengan pengguna lainnya.

  • Ruang Kantor Pribadi

coworking space

Anda juga dapat menyewa ruang kantor pribadi untuk Anda dan karyawan agar lebih eksklusif. Ruangan ini juga akan lebih private karena hanya Anda dan karyawan yang bisa masuk ke dalamnya.

  • Ruang Meeting

Jika dibutuhkan, Anda dapat menyewa ruang meeting untuk bertemu klien. Jika Anda pemilik PT, Anda dapat menyewa ruang meeting di ruang kantor bersama ini. Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan biaya yang banyak.

  • Ruang Acara

Jika Anda ingin mengadakan sebuah pertemuan yang besar seperti acara talkshow, Anda dapat menyewa ruang acara yang ukurannya jauh lebih besar. Ruangan juga akan ditata sesuai dengan fungsi dari acara Anda.

  • Pantry dan Cafetaria di Coworking Space

Biasanya ruang kerja bersama akan menyediakan pantry dengan minuman seperti air mineral, kopi, dan teh untuk para penyewa. Dan jika lapar, coworking space juga menyediakan cafetaria sehingga Anda tidak perlu keluar untuk mencari makan.

  • Layanan Resepsionis di Coworking Space

woman facing on white counter

Anda dapat menggunakan layanan resepsionis yang dapat digunakan untuk menerima paket, menerima telpon dan pengurusan surat-menyurat.

 

Izin Lokasi

Bagi penyedia layanan ruang kerja bersama, harus memiliki izin lokasi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah no. 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Gedung dari ruang kerja bersama juga perlu IMB.

Itulah hal yang perlu untuk Anda ketahui mengenai ruang kerja bersama. Tertarik untuk bekerja di coworking space?