Manfaat, Cara dan Syarat Mendirikan Yayasan

January 25, 2021by info

Sudah tahu syarat mendirikan yayasan? Karena itu, bagi Anda yang ingin mendirikan yayasan, ada baiknya mengetahui lebih dalam mengenai yayasan, mulai dari syarat dan dokumen yang Anda butuhkan serta prosedur yang harus Anda jalankan.  Semua itu sudah tertera dalam Undang-Undang. Berikut ini penjelasannya!

 

Apa Itu Yayasan?

Menurut Undang-undang Nomor 16 Pasal 1 Tahun 2001 tentang Yayasan (UU Yayasan), “Yayasan adalah badan yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang keagamaan, sosial, dan kemanusiaan yang tidak mempunyai anggota.”

Bagi Anda yang ingin mendirikan yayasan, pastinya legalitas dan perizinan mempunyai peran yang sangat besar dalam meningkatkan kepercayaan publik.

Selain itu, kejelasan struktur organisasi, keuangan yang akuntabel, dan pengelolaan Yayasan yang transparan mempengaruhi legalitas dan perizinan serta kredibilitas yayasan.

 

Manfaat, Cara dan Syarat

 

Syarat Mendirikan Yayasan

Ada beberapa syarat dan kelengkapan dokumen mendirikan yayasan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fotocopy KTP Organ Yayasan;
  2. Fotocopy NPWP Pribadi Organisasi Yayasan;
  3. Surat Keterangan Domisili;
  4. Nama Yayasan (minimal 3 (tiga) suku kata);
  5. Pendiri / susunan Organisasi Yayasan;
  6. Kekayaan Awal Yayasan;
  7. Maksud dan Tujuan Yayasan (Sesuai KBLI);
  8. Surat Kuasa (bilamana penandatangan akta pendirian dikuasakan);
  9. Nomor Telepon / Email / Fax Yayasan.

 

Cara Mendirikan Yayasan

Bagi Anda yang ingin mendirikan yayasan, tidak perlu khawatir. Berikut ini tahapan yang Anda lalui untuk mendirikan yayasan.

 

  • Perumusan Nama Yayasan

Langkah awal mendirikan yayasan adalah menentukan nama yayasan. Ada beberapa ketentuan untuk nama yayasan, di antaranya adalah:

– belum ada yayasan yang menggunakan nama tersebut

– kata yayasan harus mengawali nama yayasan

– terdiri dari 3 (tiga) suku kata.

Kemudian, Notaris menyiapkan dan mengajukan nama yayasan. Selanjutnya, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). mengkaji nama tersebut  Jika Kemenkumham telah menyetujui nama yayasan, Anda dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.

 

  • Penentuan Bidang Yayasan

Selanjutnya, terdapat 3 jenis bidang yayasan, yaitu agama, sosial dan kebudayaan. Sejak awal pendirian yayasan harus menentukan bidang yang menjadi fokus yayasan. Hal ini karena akan mempengaruhi pada visi dan misi serta tujuan berdiri dan pengelolaan yayasan kedepannya.

 

  • Pembentukan Struktur Organisasi Yayasan

Terdapat 3 struktur organisasi dan kepengurusan yayasan, di antaranya pembina (ketua), pengurus dan pengawas.

Selain itu pengurus yayasan bertanggungjawab sepenuhnya untuk mengelola Yayasan dan wajib menyerahkan laporan keuangan dan perkembangan yayasan kepada pembina. Sedangkan, pengawas yayasan memiliki tugas dan fungsi sebatas memberi masukan atau nasihat hukum kepada pengurus terkait kegiatan yayasan.

 

  • Perumusan Anggaran Dasar Yayasan

Anggaran Dasar (AD) merupakan salah satu syarat paling penting dalam tahapan pendirian Yayasan. Anggaran Dasar mengatur terkait data diri yayasan, di antaranya: nama, kedudukan, visi dan misi, maksud dan tujuan serta nilai aset. Selain itu, struktur organisasi, hak dan kewajiban pengurus serta pengangkatan anggota dan mekanisme pembubaran yayasan juga terdapat dalam Anggaran Dasar.

 

  • Penandatanganan di Hadapan Notaris

Selanjutnya, apabila  nama yayasan dan data yayasan telah lengkap, notaris akan mengeluarkan akta pendirian yayasan. Kemudian, pendiri yayasan menandatangani akta tersebut di hadapan notaris.

 

  • Pengesahan Badan Hukum dan Pengumuman Yayasan

Setelah pendiri yayasan menandatangani akta pendirian yayasan, notaris kemudian mengajukan permohonan pengesahan status badan hukum yayasan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Selanjutnya, yayasan yang telah mendapatkan pengesahan status badan hukum, harus diumumkan melalui tambahan lembaran berita negara.

 

  • Pengurusan Izin Yayasan

Di wilayah DKI Jakarta setiap yayasan yang melakukan kegiatan di bidang kesejahteraan sosial harus memiliki Tanda Daftar Yayasan melalui Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Tanda Daftar Yayasan berlaku selama tiga tahun semenjak mendapatkan Tanda Daftar Yayasan tersebut.

 

Manfaat Mendirikan Yayasan

Ada sederet manfaat atau kelebihan bagi Anda yang ingin mendirikan yayasan, di antaranya adalah:

 

  • Membantu mengatasi masalah di bidang sosial, keagamaan, dan kebudayaan.

Dengan mendirikan yayasan, Anda turut serta meringankan permasalahan atau isu yang ada di masyarakat. Isu kemiskinan contohnya yang banyak dialami oleh fakir miskin dan gelandangan. Dengan adanya yayasan, mereka dapat terbantu.

  • Memperbaiki perekonomian masyarakat.

Selanjutya, yayasan yang Anda dirikan sangat berarti bagi masyarakat. Yayasan yang berdiri dapat membuka lapangan pekerjaan. Apalagi bila yayasan sudah membuka beberapa cabang. Yang artinya memerlukan banyak Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan demikian, dapat memperbaiki perekonomian masyarakat.

 

FAQ Mendirikan Yayasan

Berikut ini pertanyaan seputar mendirikan yayasan:

 

  • Bagaimana Cara Mengetahui Yayasan yang Credible?

Cara yang paling mudah adalah dengan mengetahui kelengkapan legalitas dan perizinan yang melekat pada sebuah yayasan. Hati-hati dengan yayasan yang mencari keuntungan untuk kepentingan pribadi dengan mengatasnamakan yayasan.

 

  • Bagaimana Cara Legal Yayasan Mencari Profit?

Sementara itu, bagaimana cara legal mencari profit? Yayasan tetap dapat mencari profit hanya dalam rangka untuk menunjang pencapaian maksud dan tujuan pendirian yayasan. Caranya adalah yayasan tersebut melakukan kegiatan usaha dan/atau ikut serta dalam suatu badan usaha, namun tidak dapat melakukan kegiatan usaha secara langsung. Yang harus Anda perhatikan adalah, yayasan tidak diperkenankan memberikan hasil usaha (profit) tersebut kepada pembina, pengurus dan pengawasnya. Oleh karena itu, aktivitas kegiatan usaha harus melalui badan usaha yang didirikannya atau badan usaha lain yang mana menyertakan kekayaannya.

 

Demikianlah, ulasan mengenai syarat mendirikan yayasan, lengkap dengan cara dan manfaat mendirikan serta pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) mendirikan yayasan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang kesulitan dalam mendirikan yayasan, Indogate dengan Jasa Pendirian Yayasan  oleh tim profesional  siap membantu Anda.